Daftar Nominasi & Kategori MPL Industry Awards, Esports.ID Masuk Dua Nominasi!

Billy Rifki
12/10/2023 16:08 WIB
Daftar Nominasi & Kategori MPL Industry Awards, Esports.ID Masuk Dua Nominasi!
Press release

Sejarah baru di industri esports akan segera hadir di playoffs Mobile Legends: Bang Bang Professional League Indonesia Season 12. Ya, seperti kita ketahui akan ada MPL ID Industry Awards (MIIA) 2023, sebuah penghargaan industri esports MLBB pertama yang dipersembahkan untuk kontribusi seluruh elemen yang telah menyukseskan MLBB Esports dalam menciptakan perkembangan pesat bagi ekosistem brand, penyelenggaran turnamen MLBB, content creator, serta media. Siapa saja yang berpeluang meraih penghargaan bergengsi ini?

Di edisi pertamanya, MPL Industry Awards menghadirkan empat juri untuk memastikan nomine terbaik di antara yang terbaik. Mereka di antaranya, Strategic Partnership YouTube Indonesia Emmeline Tjong, Head of International Sports Broadcast Production Team TVRI Rizal Pahlevi, Rommy Yosef Pantouw Content Director dentsu Indonesia, dan Rana Annisa Fahmi KOL Manager Moonton Indonesia. Proses penilaian telah selesai, dan nominasi untuk setiap kategori telah dipastikan, dengan pemenangnya akan diumumkan pada acara MIIA yang akan berlangsung pada Sabtu, 14 Oktober 2023.

"Penghargaan ini adalah salah satu langkah konsisten dari MPL Indonesia sebagai turnamen esports dan juga platform entertainment. Ini juga merupakan sebuah milestone bukan hanya bagi MPL ID, namun juga bagi industri esports di Indonesia. Hal ini sejalan dengan tugas serta misi TVRI yang senantiasa memberikan hiburan yang sehat, pendidikan, serta melestarikan budaya bangsa untuk kepentingan seluruh lapisan masyarakat di Tanah Air," ujar Rizal Pahlevi Head of International Sports Broadcast Production Team TVRI.

Para penyelenggara turnamen pihak ketiga memainkan peran besar dalam mendukung ekosistem esports MLBB. Untuk turnamen pihak ketiga terbaik, para nominenya termasuk Piala Presiden yang diselenggarakan oleh KINCIR, yang telah menjadi salah satu turnamen nasional paling prestisius di Indonesia. Turnamen internasional terkemuka yang berlangsung di Indonesia seperti IESF 2022 dari Garudaku di Bali (dengan kenangan tak terlupakan karena Indonesia berhasil menjadi juara umum) dan Snapdragon Pro Series oleh ESL di Jakarta juga menjadi nomine. Nomine lainnya termasuk turnamen yang didedikasikan untuk memajukan perempuan dalam esports MLBB, seperti Women Star League yang diselenggarakan oleh Sepuluh Sebelas, dan UniPin Ladies Series.

Di kategori turnamen komunitas, kategori turnamen pihak ketiga komunitas terbaik mencakup nomine seperti Samsung Galaxy Gaming Academy, RRQ Mabar, PLN E-sports, KOHAI INFINITI, dan U2 Play Indonesia.

Sementara dari dari tim franchise MPL ID, lima nomine termasuk RRQ Keliling Kota, Parade EVOS Esports 2023, Meet & Greet Bigetron Esports saat mengenalkan VYN dan BTR.Arif, seri aktivasi dari ONIC termasuk konsep "Ramadhan kurma" (MPL ID S11) dan konsep "Back to School" (M4), dan kampanye video pengumuman Dewa United E-sports sebagai tim yang masuk ekosistem MPL Indonesia.

As for content creators, nominees for the TikTok Creator of the Year category are Pak Pulung, Dico, Vallene, Doktermlbb, and Jankricml, while the YouTube Creator of the Year category includes Heroisgod, Brandon Kent, MPL ID's very own talent Professor KB, Yanshen Lim, and Gerrard Wijaya. MIIA is also taking the opportunity to celebrate creators who bring MPL ID to a global audience with the International Restreamer of the Year category, with Malaysia's MamaJess, Malaysia's Pak Din, Cambodia's Caster RAM, Wawa, and Gu Gu.

Untuk para content creator, nomine dalam kategori TikTok Creator of the Year mencakup Pak Pulung, Dico, Vallene, Doktermlbb, dan Jankricml, sementara dalam kategori YouTube Creator of the Year termasuk Heroisgod, Brandon Kent, talent dari MPL ID Professor KB, Yanshen Lim, dan Gerrard Wijaya. MIIA juga memanfaatkan kesempatan ini untuk merayakan para pembuat konten yang membawa MPL ID ke penonton global dengan kategori International Restreamer of the Year, yang mencakup MamaJess dari Malaysia, Pak Din dari Malaysia, Caster RAM dari Kamboja, Wawa dari Thailand, dan Gu Gu dari Myanmar.

Terakhir, di kategori media, Halaman 1, Revival TV, Esports ID, GGWP, dan UP Station adalah nomine untuk kategori Penggunaan Media Terbaik di Media Sosial. Sementara Billy Rifky (Esports ID), Mecca Medina (GGWP ID), Pavel Tanudjaya (Revival TV), Gilang Ardhian Laksono (KINCIR), dan Muhammad Zidan (Halaman 1) adalah nominasi untuk Jurnalis Esports MLBB Terbaik.

MPL ID Industry Awards akan diselenggarakan pada Sabtu, 14 Oktober 2023 di Britama Arena, Jakarta mulai pukul 12.00 - 15.00 WIB. 

Area Kategori Nomine

Third-party tournament organizers Best major third-party tournament: Piala Presiden/KINCIR, IESF 2022/Garudaku, Snapdragon Pro Series/ESL, UniPin Ladies Series/UniPin, Woman Star League/Sepuluh Sebelas

Best community third-party tournament: Samsung Galaxy Gaming Academy, RRQ Mabar, PLN E-Sport, KOHAI INFINITI, U2 Play Indonesia

Media MLBB esports journalist of the year: Billy Rifky (Esports ID), Mecca Medina (GGWP ID), Pavel Tanudjaya (Revival TV), Gilang Ardhian Laksono (KINCIR), Muhammad Zidan (Halaman 1)

Best media use of social: Halaman 1, Revival TV, Esports ID, GGWP ID, UP Station

TikTok TikTok creator of the year: Luthfi Mombang S (Jangkricml), Fery Ferdiansyah (Pak Pulung), Dico Ricardo (Dico), Vallen Laurencia (Vallene), Timothy Edbert (Doktermlbb)

YouTube YouTube creator of the year: HERO IS GOD, Brandon Kent, KB, Yanshen Lim, Gerrard Wijaya.

International restreamer of the year: Watin Karson (WaWa), Jessica Chua (MamaJess), Mohamad Asyraaf (Pak Din), Min Thein Khaing (Caster RAM), Gu Gu

Teams MPL ID team marketing campaign of the year: EVOS Esports, TEAM RRQ, ONIC, Dewa United E-Sports, Bigetron Esports