ONIC Juara Lagi, MPL Season 12 Cetak Rekor Dunia

Billy Rifki
16/10/2023 03:39 WIB
ONIC Juara Lagi, MPL Season 12 Cetak Rekor Dunia
Press release

ONIC Esports berhasil menjadi Raja Galaxy Mobile Legends: Bang Bang Professional League Indonesia Season 12 setelah berhasil mengalahkan Geek Fam dengan skor 4-2 di grand finals. Meskipun kalah, Geek Fam tampil mengejutkan karena berhasil masuk ke grand finals untuk kali pertama dan menemani ONIC Esports di Kejuaraan Dunia M5 Desember mendatang. Playoffs MPL ID S12 juga melahirkan kejutan lainnya setelah berhasil memecahkan rekor dunia sebagai turnamen lokal pertama dan turnamen mobile pertama yang berhasil menembus lebih dari 100 juta watch hours selama musim ini berlangsung.

Kemenangan ONIC Esports dan Perjalanan ke M5

Meskipun ONIC berhasil menjadi Raja Galaxy, namun Geek Fam bukan tanpa perlawanan. Baloyskie cs sempat bermain dengan skema yang berbeda tapi tetap belum mampu mengalahkan dominasi ONIC. "Bagi kami yang paling merepotkan adalah Coach Yeb, draft heronya sangat sulit dilawan," ujar Baloy.

Di grand finals, pemain yang menyandang gelar Most Valuable Player (MVP) diraih oleh Kiboy. Ia adalah roamer yang melindungi semua teman-temannya selama permainan berlangsung.

Meskipun Geek belum bisa menjadi Raja Galaxy, namun Baloyskie dan tim juga berhasil mengukir sejarah baru. Mereka bukan cuma lolos playoffs, tapi juga mampu tampil di grand final untuk kali pertama dan akan mewakili Indonesia di Kejuaraan Dunia M5 yang akan berlangsung Desember mendatang bersama ONIC. Kedua tim bakal berangkat ke Filipina dalam misi mengembalikan dominasi Indonesia di skena kompetitif Mobile Legends dan juga mengharumkan nama bangsa Indonesia.

Daftar Peraih MPL ID Awards

Most Improved Player: Caderaa (Geek Fam)

Rising Star: Nnael (Geek Fam)

First Team Winner:

Caderaa (Goldlaner/Geek Fam)

Kairi (Jungler/ONIC Esports)

SANZ (Midlaner/ONIC Esports)

Butsss (EXP Laner/ONIC Esports)

Kiboy (Roamer/ONIC Esports)

Best Coach: Coach Yeb (ONIC Esports)

Best Talent Indonesian: Clara Mongstar

Best Talent English: Mirko

Best Media: Dunia Games

Best Rookie: Nnael (Geek Fam)

Regular Season MVP: Kairi (ONIC Esports)

Daftar Juara MPL Indonesia

Sudah 12 season bergulir, kira-kira siapa saja tim yang pernah menjadi jawaranya? Sejauh ini, Onic menjadi tim paling sering juara. Berikut daftarnya.

1. Team NXL - MPL ID S1

2. RRQ O2 - MPL ID S2

3. Onic - MPL ID S3

4. Evos Esports - MPL ID S4

5. RRQ Hoshi - MPL ID S5

6. RRQ Hoshi - MPL ID S6

7. Evos Legends - MPL ID S7

8. Onic Esports - MPL ID S8

9. RRQ Hoshi - MPL ID S9

10. Onic Esports - MPL ID S10

11. Onic - MPL ID S11

12. Onic - MPL ID S12