Moonton & PBESI Lepas Tim Indopride, ONIC Esports dan Geek Fam ke M5!

Billy Rifki
06/11/2023 17:32 WIB
Moonton & PBESI Lepas Tim Indopride, ONIC Esports dan Geek Fam ke M5!

Kejuaraan Dunia Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) seri kelima atau M5 adalah salah satu turnamen yang bakal mempertemukan 16 tim MLBB terbaik dari berbaga penjuru dunia, mulai dari Indonesia, Filipina, Malaysia, Singapura, Kamboja, Middle East/North America (MENA), Myanmar, Turki, hingga Latin America (LatAm) untuk menjadi tim MLBB terbaik di dunia. 

Bukan cuma itu, tim MLBB Cina yang digadang-gadang akan menjadi pesaing kuat tim Indonesia dan Filipina juga sudah dipastikan mengikuti kejuaraan dunia yang akan diselenggarakan pada 2 - 17 Desember 2023 di Manila, Filipina

Saat ini, Indonesia sendiri tengah haus gelar internasional MLBB. Sudah empat tahun lamanya sejak terakhir kali tim Indonesia memenangkan kejuaraan MLBB internasional setelah terakhir timnas Indonesia yang gagal memboyong emas di SEA Games ke-32. 

Kemenangan tim Indonesia di MSC 2023 merupakan titik balik dan munculnya asa dalam membawa nama esports Tanah Air kembali menjadi nomor satu, sementara Kejuaraan Dunia M5 akan menjadi ajang pembuktian #5EKARANGINDONESIA mampu mengembalikan dominasinya.

Oleh karena itu, Moonton Indonesia bersama PB ESI berinisiatif menyelenggarakan pelepasan perwakilan tim Indonesia, ONIC Esports dan Geek Fam ke Kejuaraan Dunia M5 yang diharapkan dapat membangun semangat para professional player (proplayer), dan juga demi memupuk dukungan seluruh fans MLBB Esports di Indonesia

"Kegiatan ini kami lakukan untuk mengumpulkan dukungan dari seluruh warga Indonesia, tidak cuma fans MLBB esports. Ini semua bukan soal tim mana yang maju ke M5, melainkan bagaimana kita bisa membawa nama Indonesia kembali ke puncak peta esports internasional, terutama MLBB. Kami sadar untuk memenuhi harapan itu, dukungan dari semua stakeholders sangat diperlukan untuk mencapai tujuan ini," ujar Azwin Nugraha, Public Relations & Communications Manager Moonton Indonesia.

Di kesempatan yang sama, CEO & Co-founder ONIC Esports yang menjadi Raja Galaxy MPL Indonesia Season 12, Justin Widjaja, mengatakan bahwa M5 adalah salah satu turnamen yang menjadi tempat pembuktian tim dan pemain, serta merupakan ajang yang dapat, memupuk nasionalisme. 

"Mereka yang turut serta bertanding di Kejuaraan Dunia M5 adalah generasi muda yang diharapkan dapat menularkan sikap positif, menjadi contoh bagi para audiens MLBB Esports, dan mampu mengharumkan nama baik Indonesia di kancah internasional," ungkapnya.

Dukungan penuh juga hadir dari Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) melalui berbagai program konsisten dengan tujuan untuk meningkatkan serta mendukung ekosistem esports di Indonesia. Salah satunya program tersebut adalah Liga Esports Nasional 2023. 

Liga yang diselenggarakan secara inklusif bertujuan untuk memberikan peluang bagi para talenta baru dan tim-tim esports dari seluruh penjuru tanah air untuk menunjukan kemampuan terbaik mereka.

"Kami berharap capaian ONIC Esports dan Geek Fam dapat menjadi inspirasi bagi talenta-talenta sports dari seluruh penjuru Tanah Air untuk dapat meningkatkan kompetensi dan prestasi mereka, tidak saja di tingkat lokal dan nasional, namun bahkan mampu berbicara di tingkat internasional. Kami turut memberikan dukungan penuh atas kiprah ONIC Esports dan Geek Fam di Kejuaraan Dunia M5 dan kami berharap kedua tim profesional tersebut mampu mengukir prestasi optimal," ujar Ketua Bidang Pengembangan Atlet dan IT PBESI, Ricky Setiawan.

Maka dari itu, di kesempatan yang sama, Moonton Indonesia turut mengapresiasi program-program dan turnamen esports yang telah sukses diselenggarakan oleh PB ESI, di antaranya adalah IESF 2022, Liga Esports Nasional 2023, dan juga turnamen yang diinisiasi oleh KSP melalui Kincir, Piala Presiden.

Sejak 2018, Moonton Games telah melahirkan ratusan atlet esports yang telah berkompetisi di level profesional Mobile Legends: Bang Bang Professional League (MPL) Indonesia dan juga Mobile Legends: Bang Bang Development League (MDL) Indonesia. Para pemain profesional esports tersebut tak hanya menjadi tulang punggung keluarga, mereka juga membawa harum nama tim dan juga Indonesia di kancah dunia. 

Sebagai catatan, Indonesia pernah membawa pulang medali perak di SEA Games 2019 di Filipina dan SEA Games 2020 di Vietnam. Tim Mobile Legends asal Indonesia, EVOS Esports, juga sempat menjadi predikat tim MLBB terbaik di dunia setelah menjuarai M1 World Championship.