Misi "Terselubung" MLBB Bangkitkan Ekonomi Asia Tenggara & Pariwisata Esports

Billy Rifki
19/12/2023 12:55 WIB
Misi "Terselubung" MLBB Bangkitkan Ekonomi Asia Tenggara & Pariwisata Esports
Esports.id interview

MLBB World Championship ke-5 alias M5 usai diselenggarakan di Filipina. AP Bren selaku tim tuan rumah sukses jadi juara pasca kalahkan ONIC asal Indonesia dengan skor tipis 4-3 di grand final. Turnamen ini menyedot banyak sekali animo masyarakat baik itu secara daring maupun datang langsung. Berdasarkan data dari Esports Charts, final M5 sukses mencatatkan rekor 5 juta lebih viewership sementara penonton yang datang langsung ke Jose Rizal Coliseum diperkirakan mencapai 6000 orang.

Bagi pemerintah Filipina, acara ini penting untuk menggenjot sektor pariwisata dan ekonomi mereka. Moonton dan MPL PH bahkan telah menjalin kerjasama dengan Kementrian Filipina guna menyukseskan M5 di sana.

Event kejuaraan dunia seperti ini mampu mendatangkan wisatawan asing ke Filipina, memperkenalkan budaya dan keramahan penduduk di sana sekaligus menggerakan roda ekonomi melalui berbagai transaksi mulai dari penyewaan hotel dan transportasi, akomodasi untuk makanan, pemberdayaan pekerja lokal untuk event dan lain-lain.

Media asing yang turut diundang ke M5 juga diajak oleh Kementrian Pariwisata dan Moonton untuk berkeliling kota Manila melihat tempat wisata bersejarah seperti Jose Rizal Memorial Park dan kehidupan masyarakat di Kampung Cina setempat. Selepas itu, Moonton mengalokasi budget "tak terbatas" untuk para media membeli suvenir dan oleh-oleh di toko sebagai bentuk kontribusi ekonomi bagi Filipina.

Di sela aktivitas tersebut, Esports.ID mendengar celetukan dari Head of PR Moonton, Kelly Chiew saat membayar semua oleh-oleh yang diborong media. "We try to give back for the economy," ujarnya. Translasi kasarnya, Moonton mencoba berkontribusi kepada masyarakat Filipina dengan berbelanja dan mengenalkan pariwisata di sana.

Kegiatan ini tergolong baru dari pengalaman Esports.ID yang sudah beberapa kali mengikuti liputan ke luar negeri bersama Moonton dan MPL. Rupanya, memang ada misi "terselubung" dari Moonton untuk menggenjot lagi esports tourisme atau pariwisata esports. "Itu lebih ke arah esports tourisme. Aspek ini cenderung masih baru dan ini adalah hal yang sedang kami promosikan dan genjot terus terutama saat kami berkolaborasi dengan pemerintah dalam hal ini kementrian pariwisata serta kementerian olahraga Filipina. Kami ingin lebih memikat lagi para pemegang kepentingan di sektor pariwisata, kami mencoba menjalin kerjasama demi membawa esports lebih terjangkau bukan cuma untuk penduduk asia tenggara tapi juga belahan dunia lain," ucap Kelly saat sesi interview media.

Program ini sangat positif dan menguntungkan bagi negara penyelenggara serta Moonton atau game publisher itu sendiri. Buat Moonton, aksi "filantrofis" mereka bakal dikenang oleh masyarakat lokal yang merasakan langsung dampak dari kehadiran acara mereka. Bukan cuma sekedar berjalan lalu pergi tanpa meninggalkan impresi. Sementara bagi Filipina dalam hal ini Kementrian Pariwisata dan Olahraga mereka, kolaborasi dengan Moonton untuk menghadirkan M5 sukses memperkenalkan keindahan negara mereka dengan harapan lebih banyak wisatawan yang bakal masuk kemudian hari.

Agenda terdekat Moonton pasca M5 tentunya bakal ada MSC yang rumornya dihelat di luar Asia Tenggara untuk pertama kali. Sementara M6 akan kembali dilaksanakan di Malaysia. 

Menurut kalian, seberapa besar dampak ekonomi dari hadirnya M Series di negara penyelenggara?