Esports

Drama SRG dan See You Soon di MSC 2024, Kenapa?

Billy Rifki
05/07/2024 14:24 WIB
Drama SRG dan See You Soon di MSC 2024, Kenapa?

Hari pertama fase grup MSC 2024 pada Rabu (3/7) diwarnai oleh drama dalam pertandingan antara Selangor Red Giants (SRG) dan See You Soon di Grup B. Pertandingan ini berakhir dengan skor imbang 1-1, namun insiden di game pertama menjadi sorotan.

Pertandingan BO2 yang berlangsung di AMAZON Arena Riyadh ini dihentikan sementara selama hampir satu jam setelah draft pick di game pertama. SRG memilih Chou, Kagura, Fanny, Terizla, dan Karrie, sementara See You Soon memilih Valentina, Roger, Ling, Yu Zhong, dan Lapu-Lapu.

Setelah pemilihan hero, staf pelatih See You Soon terlihat berdiskusi dengan pengawas pertandingan, menandakan adanya kesalahan atau error in-game. Hal ini memicu penundaan karena kedua tim dan pengawas harus berunding. Setelah diskusi, draft pick dilakukan ulang dengan See You Soon mengganti Lapu-Lapu menjadi Edith, sementara SRG mempertahankan lineup mereka.

Kesalahan atau error in-game memang bukan hal baru, tetapi prosedur yang dilanggar oleh See You Soon menjadi perhatian utama. See You Soon tidak mengikuti prosedur dalam meminta redraft atau rematch yang diatur dalam Rule Book. Mereka seharusnya meminta pause saat permainan dimulai untuk berdiskusi dengan pengawas, bukan menekan tombol surrender.

Akibat tindakan ini, SRG keberatan dengan permintaan redraft karena tidak sesuai prosedur. Hal ini membuat SRG tidak mengubah lineup mereka dan berujung dengan kekalahan. Menurut Mariah Ahmad, jurnalis sekaligus pendiri WTM Today, drama ini belum berakhir dan akan ada rapat lanjutan untuk membahas masalah ini demi menjunjung tinggi sportivitas.

Sebagai penyelenggara, Esports World Cup dan Moonton menyatakan bahwa investigasi lebih lanjut akan dilakukan sebelum mengambil keputusan akhir. Sementara itu, See You Soon dipastikan akan mendapat penalti karena menekan tombol surrender tanpa persetujuan dari pengawas pertandingan.