GoPay Campaign

Stres Saat Bermain Game? Ini 4 Cara Mengatasinya

faizalkamill
07/08/2020 18:22 WIB
Stres Saat Bermain Game? Ini 4 Cara Mengatasinya
Hammoudi "Yassuo" Abdalrhman

Ketika memutuskan untuk bermain game tentu saja tujuan utama kita adalah untuk bersenang-senang. Namun tidak jarang ketika bermain, kita merasakan stres ataupun tekanan emosional yang bisa terjadi karena banyak faktor seperti kekalahan beruntun, rekan yang tidak bisa diajak kerjasama, tim yang toxic, sinyal tidak bagus dan masih lainnya.

Terkadang rasa stres ini bisa diekspresikan dengan sikap agresif dan merembet ke hal lain di luar permainan. Saat dalam kondisi ini kita bisa saja merasa sangat frustasi dan amarah. Akibatnya, gaya permainan kita jadi lebih agresif dan cenderung ceroboh hingga menghasilkan kekalahan lainnya.

Indonesia Gaming Award

Sumber gambar: Makeuseof

Nah setelah membaca tentang banyaknya hal negatif yang bisa terjadi jika kamu stres saat bermain game tentu saja hal ini harus ditangani sesegera mungkin. Esports Indonesia telah mencatat empat tips yang bisa kamu gunakan untuk menanggulangi stres ketika bermain game.

Identifikasi Penyebab Stres

Jika hal yang membuatmu stress adalah permainanmu yang buruk maka hal yang kamu bisa lakukan adalah melihat kembali permainanmu dan melakukan introspeksi diri tentang apa yang harus diperbaiki untuk permainan berikutnya. Selain itu kamu juga bisa berbagi bersama teman tentang bagaimana cara terbaik untuk bermain agar mendapatkan kemenangan. Atau, kamu bisa juga belajar tentang permainanmu lewat tips dan trik ataupun guide-guide yang dimuat di internet, salah satunya di Esports.ID ini.

Jika orang lain selain dirimu yang bisa menyebabkan stres maka tidak ada salahnya untuk melakukan mute dan tidak berinteraksi dengan mereka karena ketoxican seseorang bisa saja memengaruhi permainanmu. Lalu, ketika emosimu sudah mencapai puncak dan tidak bisa ditangani lagi ada baiknya berhenti bermain sejenak. Tenangkan dirimu dan jangan bertindak impulsif.

Tyler1

Fokus pada dirimu sendiri

Poin selanjutnya adalah fokus pada dirimu sendiri. Kamu bisa saja mendapatkan rekan tim yang bermain buruk atau toxicnya minta ampun, lalu bagaimana mengatasinya? Bermain lebih baik dan bersinar sebagai seorang individu salah satu caranya. Jika bisa berfokus kepada permainanmu sendiri dan mengabaikan lainnya, kamu bisa terhindari dari rasa stres ini.

Meskipun pada akhirnya kamu mengalami kekalahan, tidak akan separah jika ditambah dengan rasa stres. Kamu juga bisa melanjutkan ke permainan berikutnya dengan mentalitas yang baik.

Tidak Harus Selalu Menang Setiap Game

Kami tahu bahwa kamu tentu menginginkan kemenangan di dalam setiap pertandingan, terutama di mode rank di mana peringkatmu dipertaruhkan. Namun dengan mindset demikian, kamu akan lebih sulit ketika menerima kekalahan dan rentan mengalami stres setelahnya.

Bermainlah untuk menjadi lebih baik. Permainan yang hanya mengincar menag akan menghasilkan 2 hal, kemenangan atau kekalahan. Namun jika kamu bermain untuk menjadi lebih baik, tidak peduli kalah atau menang kamu tetap bisa mempelajari sesuatu dari permainanmu. Pahami dan pelajari kesalahan yang kamu buat, lalu cobalah untuk memperbaikinya di permainan berikutnya. Jangan lupakan juga bahwa tujuan utama bermain game adalah untuk bersenang-senang.

Sumber gambar: Halodoc

Rehat Sejenak

Ketika kamu menjalani permainan yang berat, bertemu rekan tim yang abstrak, melelahkan, dan menyulut amarahmu, ada baiknya beristirahat sejenak. Kamu bisa bersantai dengan bermain casual dan hindari mode kompetitif. Selain itu, coba mematikan perangkatmu dan lakukan hal lainnya di kehidupan nyata seperti bersantai, mengobrol bersama teman atau pasanganmu, hingga mengerjakan hobi lain untuk sejenak memulihkan kondisi psikismu.

Mungkin ketika kamu akan berhenti akan ada sebuah dorongan kuat untuk terus bermain, “1 game lagi”, “last!” dan dorongan lainnya, Cobalah untuk menahan keinginan tersebut jika tidak ingin jatuh lebih jauh.

Itu tadi adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan dalam mengatasi stresmu. Semoga setelah membaca artikel ini kamu bisa mengatasi stres ketika bermain game dengan lebih baik lagi ya Sobat Esports.