GoPay Campaign

Team Secret Minat Buka Cabang Indonesia, Bagusnya Divisi Apa Yah?

Billy Rifki
28/10/2020 12:02 WIB
Team Secret Minat Buka Cabang Indonesia, Bagusnya Divisi Apa Yah?
Instagram

Team Secret sudah menjelma sebagai organisasi esports besar di dunia. Terkenal berkat kiprah tim DOTA 2 mereka di tahun 2014. Kini, tim berlambang mata tersebut sudah punya divisi League of Legends, CS:GO, Rainbox Six Siege dan PUBG Mobile di Malaysia dan Thailand.

Melihat manuver Team Secret yang terus mencari pemain-pemain terbaik dari berbagai titel esports, tak heran mereka berani untuk ekspansi meninggalkan tempat asal di Eropa, sampai ke Asia Tenggara.

Region SEA sendiri lebih di dominasi dengan mobile esports dibandingkan platform PC seperti di Eropa atau Amerika Utara. Terbaru, lewat postingan instastorynya, Team Secret membuat polling kepada para fans apakah mereka harus membuat tim esports di Indonesia?

Tentu, ini membangkitkan hype dari fans tanah air bisa kedatangan tim esports besar untuk bertanding di ranah nasional. Meski belum jelas titel apa yang bakal mereka perjuangkan, setidaknya ini adalah game-game yang mesti tim Secret pahami bila ingin berkompetisi di scene esports Indonesia.

- PUBG Mobile

Team Secret memang punya divisi PUBGM sendiri, namun, melihat penampilan alien-alien Indonesia di Bigetron Alpha, mereka bisa jadi kepincut mencari tahu sendiri seperti apa bakat-bakat tanah air atau setidaknya mengintip sengitnya persaingan PUBG Mobile di Indonesia.

Team Secret mungkin harus rela melepas divisi PUBGM yang mereka punya di Malaysia dan Thailand kalau ingin mencari bibit lokal. Atau kalau berani, memindahkan tim mereka ke Indonesia dan bertanding di sini.

Kalau mau lebih praktis, ya tim Secret tinggal akusisi saja roster PUBG Mobile di Indonesia paling potensial yang bisa mereka buy-out.

- Free Fire

Kalau masih tertarik dengan genre battle royale namun merasa persaingan di ranah PUBGM sudah sempit, Team Secret boleh coba garap Free Fire. Banyaknya pool player FF di tanah air serta tim-tim kuat yang muncul di turnamen seharusnya membantu Secret menentukan mana yang paling mudah untuk diasah lebih lanjut.

Dan lagi, turnamen ini punya kejuaraan dunianya sendiri sehingga bagus untuk Secret mempromosikan brandnya di tingkat internasional lewat Free Fire.

- Mobile Legends

Gamer Indonesia identik dengan game satu ini. Team Secret pun tak asing dengan MOBA karena punya divisi di DOTA 2 dan LOL. Mencari tahu formula juara untuk tim Mobile Legends baru mereka harusnya tidak sulit.

Yang jadi tantangan adalah kemampuan Secret untuk bisa melobi MPL agar nama mereka terdaftar sebagai salah satu peserta. Kadang, bukan cuma persoalan dana namun sebagai turnamen dengan model franchise, segala bentuk perubahan harus dapat persetujuan tim-tim yang sudah ada.

(UPDATE*) Team Secret ternyata sudah melabuhkan pilihan untuk membuka divisi di Filipina. Artinya, mereka sudah menancapkan kaki organisasi di tiga negara Asia Tenggara yakni Malaysia, Thailand dan Filipina.

Meski belum ada kejelasan divisi apa yang akan mereka buat di sana, bukan berarti tertutup kemungkinan Team Secret tak akan melirik lagi investasi esports di Indonesia.

Itu dia tiga divisi yang paling mungkin Secret jajaki kalau benar mau buka cabang di Indonesia. Divisi apa yang paling mungkin menurut sobat Esports?