Eksibisi PON Esports

Esports di Asian Games 2022, Bakal Rebut Medali Atau Demonstrasi?

Rendy Lim
17/12/2020 16:04 WIB
Esports di Asian Games 2022, Bakal Rebut Medali Atau Demonstrasi?
Kira-kira bakal rebut medali atau masih demonstrasi yah?

Asia Esports Federation (AESF) mengumumkan bahwa Hangzhou Asian Games Organizing Committe (HAGOC) bersama China Olimpic Committe telah mengajukan Esports sebagai salah satu cabang olahraga di event akbar Asian Games 2022 yang rencananya akan berlangsung di kota Hangzhou, China. 

Melalui OCA General Assembly yang diadakan di Muscat, Oman, President AESF yakni Kenneth Fok beserta Sekretaris Jendral AESF, Sebastian Lau, turut hadir dalam meeting OCA tersebut untuk melakukan pengajuan. Hasilnya, usul tersebut diterima oleh OCA sehingga dipastikan cabang Esports akan kembali hadir di Asian Games 2022 Hangzhou. 

Yamisok Nobar

Sebelumnya, Asian Games 2018 Jakarta Palembang juga menghadirkan Esports sebagai salah satu cabang yang dipertandingkan. Namun, saat itu Esports masih berstatus sebagai Demonstration title. Indonesia yang turut mengirim perwakilan terbaiknya pada ajang tersebut berhasil mengamankan 1 medali emas dan 1 medali perak. 

Namun, status Esports di Asian Games 2022 masih perlu menunggu kabar lebih lanjut. Dikutip dari Ligagame, Eddy Lim selaku ketua umum Indonesia Esports Association (IESPA) mengatakan bahwa pengusulan Esports menjadi cabang olahraga di Asian Games 2022 ini sudah diteruma oleh OCA melalui General Assembly.

Tetapi, apakah Esports akan menjadi cabang medali resmi seperti SEA Games 2019 atau tetap menjadi Demonstration Title masih harus menunggu keputusan resmi dari pihak OCA dan AESF. Namun, tampaknya kita tak perlu menunggu terlalu alama untuk kabar tersebut. 

Sembari menunggu, bagaimana pendapat kamu Sobat Esports? Apakah Indonesia bisa kembali unjuk gigi di ajang internasional Asian Games 2022? Semoga saja timnas Indonesia dapat merebut banyak medali di cabang Esports yah!

*Update

Sore ini (17/12) Esports telah dikonfirmasi untuk dipertandingkan sebagai salah satu cabang resmi yang memperebutkan medali dalam Asian Games 2022 yang akan berlangsung di Hangzhou, China. Esports sendiri akan tergabung ke 'intellectual titels' bersama dengan Catur.