Review Ragnarok Online Mobile 2.0: Tak Sekedar Bernostalgia!

Michael
05/03/2021 18:21 WIB
Review Ragnarok Online Mobile 2.0: Tak Sekedar Bernostalgia!
Ragnarok M: Eternal 2.0

Sejenak melupakan sengitnya persaingan dan kompetisi esports, kali ini, tim Esports ID akan menjelajah sekaligus mengenang salah satu game legendaris yang masih bertahan hingga saat ini, Ragnarok Online. Untuk kalian gamer dewasa, pasti sudah tidak asing dengan game yang satu ini. Bedanya, kali ini kita akan mengulik versi mobile-nya yang bernama Ragnarok M Eternal Love 2.0.

Sedikit kilas balik, game yang pertama kali hadir di Indonesia tahun 2002 dan menjadi mainan wajib hampir seluruh gamer di Indonesia saat itu. Meski ber-genre MMORPG (Massively Multiplayer Online Role Playing Game), namun ada beberapa fitur esports yang sebenarnya ditanamkan dalam game ini sejak dulu, seperti adanya turnamen Ragnarok World Cup yang merupakan agenda resmi dan diadakan setiap tahun.

Yamisok Nobar

Kembali lanjut ke versi mobile-nya, Ragnarok M Eternal 2.0 adalah update berskala besar dari versi sebelumnya. Ada beberapa update utama dalam Ragnarok M Eternal 2.0, yakni map yang semakin luas dan menantang, grafis yang semakin yahud, kelas karakter Ninja dan Academy Cryputra.

Grafis Visual yang Menggoda

Sudah menjadi rahasia umum bahwa grafis visual yang bagus menjadi salah satu faktor penting kesuksesan sebuah game. Penulis pun dibuat kagum dengan tampilan grafis visual yang dihadirkan dalam game ini. Tampilan kota-kota utama seperti Morroc, Prontera, Payon dibuat lebih fresh dan “berwarna”, sempat membuat saya pangling. Penempatan NPC pun mengalami sedikit perubahan, membuat saya harus merelakan sedikit waktu untuk menyelesaikan quest atau membeli barang.

Menariknya, RO 2.0 memberikan pilihan untuk grafis visual yang ingin digunakan, yakni 3D atau 2,5D. Jika device kamu memiliki spec yang tinggi, saya sarankan untuk menggunakan grafis 3D, karena lebih terasa menyenangkan. Meski begitu, tampilan 2,5D tidak mengurangi keseruan bermain game ini, karena lebih smoth dan lancar.

Pengalaman Bertualang di Dunia Midgard

Satu yang selalu teringat kala bermain Ragnarok adalah keseruan bertualang di dunia Midgard. Sekedar menyelesaikan misi, party bareng teman atau hunt monster bos untuk mendapatkan item-item rare. Hadirnya fitur menarik Cryputra Academy membuat RO 2 sedikit berbeda dibanding versi sebelumnya.

Player baru bisa dengan cepat mencapai level 120 dengan hanya mengikuti quest yang diberikan. Kehadiran fitur ini sebenarnya memiliki efek positif dan negatif untuk player. Di satu sisi ini akan membantu menarik player baru, namun sebaliknya terasa kurang adil untuk pemain veteran atau user lama.

Namun, jangan khawatir untuk pemain veteran, EXP yang diperoleh untuk mencapai level 120 cukup deras /cepat. Keuntungan lainnya tentu dengan banyaknya pemain level tinggi (120) akan membuat cukup bantak pilihan rekan party untuk hunt boss monster dan mendapatkan item-item rare.

Hal lainnya yang menarik dari RO 2.0 adalah kehadiran job Ninja. Job yang satu ini sebenarnya sudah ada di versi PC-nya. Namun kehadirannya di versi mobile tentu tetap menarik. Tampilan Ninja di RO 2.0 terlihat eye catching dengan animasi idle menarik. Job Ninja juga memberikan kebebasan untuk memilih jalur gaya bermain sesuai kemauan player. Semua tipe tentu sama kuatnya dan terdapat kelemahan, jadi tinggal tergantung dari kaliannya ingin memilih tipe yang seperti apa.

Fitur baru yang tidak kalah menarik adalah Grinding offline. Sayangnya untuk fitur ini mewajibkan kalian untuk Top-up terlebih dahulu. Untuk update lainnya bisa kalian explore sendiri seperti Card baru, sistem ancient relic, Monster MVP dan tentunya masih banyak lagi.

Kesimpulan

Game RO 2.0 layak dijadikan pilihan untuk kalian pecinta game MMORPG. Tak sekedar bernostalgia, hadirnya update-update terbaru ini mampu memberikan kesenangan baru dengan tampilan visual yang cantik, theme song yang pastinya membekas di hati. Hadirnya Cryputra    Academy bisa menarik player baru serta pemain lama yang malas menghabiskan waktu untuk grinding level.

Pros:

  • Grafis visual yang mempesona
  • Alunan theme song Ragnarok 2.0 yang melekat di kalangan gamer
  • Cryputra Academy yang mampu menghadirkan level 120 dengan cepat
  • Map yang lebih luas dan beragam
  • Membangkitkan kenangan dan kesenangan bermain game MMORPG
  • Hadirnya fitur-fitur baru dan Job Ninja

Cons:

  • Membutuhkan spek handphone /device yang cukup tinggi
  • Fitur grinding offline berbayar