Totalitas, Edho Zell Luncurkan Tim dan Akademi Esports Miliknya!

Michael
11/03/2021 10:22 WIB
Totalitas, Edho Zell Luncurkan Tim dan Akademi Esports Miliknya!
Edho Zell bersama Arza Satria Siap Cetak Bibit Atlet Esports Tanah Air

Menjadi atlet esports profesional tentu menjadi impian hampir seluruh gamer. Namun, seringkali gamer tidak tahu jalur yang harus ditempuh untuk mewujudkan hal tersebut. Tak hanya membutuhkan skill yang tinggi, gamer juga harus memiliki elemen-elemen penting lainnya, sebagai contoh attitude, komitmen dan tentunya pengetahuan mengenai dunia esports itu sendiri.

Hal inilah yang membuat Youtuber kenamaan Edho Zell bersama sahabatnya Arza Satria mendirikan Esports Academy ID, sebuah organisasi yang bergerak sebagai edukasi alternatif dan wadah untuk mencari generasi penerus (bakat baru) esports di Indonesia. Tak hanya itu ia juga mengumumkan Tim Esports terbarunya, Saga Esports yang akan meramaikan skena esports tanah air.


Edho Zell bersama Arza Satria dan XTEN Indonesua

Kecintaan Edho terhadap dunia esports memang bukan hal baru. Pria kelahiran 10 Juli 1986 ini sejak lama kerap bermain game-game seperti Call of Duty dan Overwatch. Edho pun sempat mewujudkan impiannya memiliki tim esports dengan mendirikan tim Space Esports di akhir tahun 2019.

Menariknya, saat itu Edho memberikan kebebasan bagi siapa saja yang tertarik serius berkarir sebagai atlet esports untuk datang berlatih di basecamp Space Esports. Nampaknya hal inilah yang menjadi cikal bakal lahirnya Esports Academy ID.

Esports Academy ID

Diklaim sebagai akademi esports pertama yang terbuka untuk umum, Edho percaya bahwa mendidik pemain dari usia dini adalah hal yang paling tepat. Selain mengadakan pelatihan-pelatihan dengan coach (pelatih) yang berpengalaman, Esports Academy ID juga akan mengadakan kompetisi rutin baik skala kecil atau nasional untuk mengasah dan melihat perkembangan anggotanya.

Tak hanya memberikan materi game yang dimainkan, Esports Academy ID juga memberikan pengetahuan mengenai industrinya, attitude, kontrak dan skenanya, sehingga menjadi wadah untuk pengetahuan mengenai esports itu sendiri.


Salah satu kelas pengajaran di Esports Academy ID

“Banyak yang ingin menjadi pro player, gamers yang stabil atau ingin jadi atlet tapi ngga tau mau kemana (caranya gimana). Jadi akhirnya ayo kita bikin sama-sama jembatan itu, supaya nantinya anak-anak muda yang ingin jadi pro player, streamer atau youtuber bisa tau caranya,” ujar Edho Zell menceritakan awal mula terbentuknya Esports Academy ID.

Esports Academy ID sendiri sebenarnya sudah hadir sejak 6 bulan lalu, namun karena harus mempersiapkan materi kurikulum dan lain-lainnya baru kita buka untuk umum hari ini. Periode pengajaran sendiri berlangsung setiap 6 bulan dan tanpa dikenakan biaya apapun (gratis). Selain itu, ada juga kelas private, dengan materi pengajaran yang lebih mendalam. Adapun materi game yang diajarkan dalam kelas tersebut, antara lain PUBG, Mobile Legends Wild Rift, Valorant dan game-game esports populer lainnya.  

SAGA Esports

Meski terbilang baru diresmikan, SAGA Esports saat ini telah memiliki 4 divisi esports, yakni FIFA, Wild Rift, PUBG PC dan Valorant. “Ke depannya kita akan membentuk divisi dari game-game yang populer saat ini seperti, Mobile Legends, PUBG Mobile dan Free Fire,” ujar Azra yang dipercaya sebagai CEO SAGA Esports.

Esports Academy ID dan SAGA Esports juga akan mendapat dukungan dari XTEN Indonesia, brand lokal spesialis produksi garmen untuk olahraga yang berdiri tahun 2020. Salah satu kolaborasi keduanya terlihat dari desain keren Jersey SAGA Esports.

Bagaimana menurut kalian Sobat Esports? Tertarik untuk bergabung di Esports Academy ID dan SAGA Esports?

Tonton juga yuk rangkuman berita esports selama sepekan.
Langsung saja klik video di bawah ini ya!