Esports

5 Cara Dapetin Uang dari Nge-game! Pilih yang Mana?

Basitullah
07/04/2021 15:15 WIB
5 Cara Dapetin Uang dari Nge-game! Pilih yang Mana?

Dewasa ini, pandangan buruk orang tua terhadap game sudah semakin berkurang. Maraknya gamer yang bermunculan dengan penghasilan cukup menggiurkan, jadi tolak ukur bahwa bermain game mampu hasilkan uang sebagai pundi-pundi pendapatkan.

Meskipun tidak mudah, namun bukan berarti mencari uang di industri game adalah hal yang mustahil. Justru dengan konsistensi dan semangat, kamu akan dapat memiliki penghasilan dari game. Tidak percaya? Langsung saja simak artikel ini sampai habis ya!

Yamisok Nobar

1. Membuat Konten YouTube


Image: Pinterest

Sebenarnya membuat konten youtube tidak hanya untuk gamer, bisa untuk siapa saja dengan gaya dan konten masing-masing. Hanya saja, konten bermain game masih jadi primadona jika kamu punya kelebihan yang berbeda dan bisa ditunjukkan kepada khalayak ramai. Apakah skill kamu paling hebat, mampu memecahkan teka-teki yang tidak bisa dipecahkan orang lain, atau kamu bisa memainkan game yang orang lain tidak bisa mainkan.

Kelebihan-kelebihan itu bisa kamu jadikan sebuah konten video yang menarik bagi orang lain. Editing untuk membuat konten game pun tak perlu terlalu memikirkan cinematography dan lain sebagainya (ini tergantung selera yah). Karena fokus lebih pada permainannya dan bagaimana kamu menggiring orang lain untuk menonton.

Jika mampu konsisten dan datangkan begitu banyak views sekaligus subscribers, maka pundi-pundi penghasilan pun akan mendatangi kamu dengan sendirinya.

2. Live Streaming


Image: @pindapandaonly | Twitter

Live streaming pun kini jadi primadona mengingat hampir semua warga Indonesia menjalankan WFH karena pandemi Covid-19. Itu jadi keuntunggan para streamer karena otomatis mendapatkan lonjakan views yang tinggi.

Apalagi, beberapa streamer mengungkapkan bahwa uang dari live streaming cukup menggiurkan. Bisa dari gaji platform yang membayar, donasi dari para penonton, iklan yang masuk dan lain sebagainya.

Biasanya, selain dari membuat konten youtube, kegiatan live streaming bisa jadi tambahan penghasilan untuk para gamer. PR-nya adalah kamu harus bisa menarik penonton kamu untuk ikut live streaming kamu, entah daya tarik ataupun ada hal yang memancing seperti giveaway, kolaborasi dan lain sebagainya.

3. Ikut Kompetisi

Layaknya pro player yang mendapatkan hadiah dari turnamen besar, kamu yang masih berada di level entry pun bisa mendapatkan penghasilan dari mengikuti turnamen entah skala kecil sampai menengah.

Bayangkan dalam satu minggu ada 3 turnamen dan kamu bersama tim mampu memenangkan ketiganya. Cukup lumayan bukan hadiah yang di bawah pulang? Selain hadiah, pengalaman pun akan bertambah dan membuatmu semakin kuat.

Buat Sobat Esports yang sedang semangat-semangatnya berkompetisi untuk mencari hadiah dan juga pengalaman, langsung saja join GoPay Arena Level Up Community. Karena GoPay mempersiapkan hadiah 50 juta rupiah sebagai hadiah dan memiliki tujuan mulia untuk meramaikan industri esports Indonesia.

Klik link berikut untuk ikutan: http://gpy.id/daftarlevelup.

4. Endorsement


Image: Footwear News

Kalau yang satu ini, merupakan sumber penghasilan tambahan dikala kamu sudah memiliki cukup banyak followers ataupun subscribers di social media. Cukup banyak brand pastinya yang tertarik jika social media kamu memiliki pengaruh besar dari setiap postingannya.

Tentu tiap brand juga ingin mendapatkan lirikan dari followers kamu, oleh karenanya endorsement merupakan penghasilan tambahan yang dapat kamu nikmati setelah semuanya berjalan dengan lancar, baik dari poin 1, 2 ataupun 3.

Tak jarang, karena terlalu menggiurkannya kadang endorsement bisa jadi penghasilan utama loh mengalahkan pendapatan lainnya. Waw!

5. Menjadi Brand Ambassador


Image: Gojek

Brand Ambassador merupakan salah satu bidang yang dekat dengan gamer dan bisa dijalankan sambil tetap melakukan poin 1-4. Penghasilannya pun begitu menarik karena sama dengan endorsement yang melibatkan brand. Merepresentasikan sebuah brand, merupakan tugas seorang Brand Ambassador untuk menarik kepercayaan gamer terhadap brand-nya.

Meskipun sebuah tugas berat, namun setimpal dengan penghasilan yang ditawarkan ya Sobat!

Sebenarnya masih ada beberapa cara lagi untuk kamu bisa mendapatkan uang dari bermain game, apakah game tester, game master atau bahkan bekerja di industri game dan esports.

Kamu suka yang mana? Semangat terus ya, Sobat Esports!