3 Faktor yang Diperhatiin Fans Dari Esports Venue!

Rendy Lim
28/05/2021 11:48 WIB
3 Faktor yang Diperhatiin Fans Dari Esports Venue!
Gimana pendapat kamu Sobat Esports?

Pertandingan esports atau turnamen secara offline memberikan akses untuk para penonton menyaksikan keseruan match. Namun, gamer identik dengan kebiasaan mereka untuk menghabiskan waktu di depan komputer atau smartphone canggih. Tak sedikit dari mereka lebih memilih untuk bermain di rumah, warnet, hingga tempat kumpul yang menyediakan fasilitas internet. 

Ada beberapa faktor menyangkut venue atau lokasi penyelenggaraan turnamen yang bisa membuat para gamer mau meluangkan waktu untuk datang dan menyaksikan pertandingan dari game atau tim favorit mereka di suatu lokasi. Kira-kira faktor-faktor apa saja yah terkait venue esports yang bisa menarik para gamer, yuk kita simak bersama!

Yamisok Nobar

  • Ukuran

Faktor pertama yang cukup krusial untuk venue esports adalah kemampuannya untuk menampung jumlah penonton. Penyelenggara turnamen harus memperhitungkan perkiraan fans yang sudah menunggu-nunggu untuk menyaksikan kompetisi dan berusaha memenuhi ekspektasi mereka. Gagal menghadirkan pengalaman menonton yang nyaman bagi para fans tentu akan membuat mereka berpikir dua kali untuk datang kedua kalinya.

Memilih tempat yang terlalu besar namun hanya diisi oleh sedikit penonton tentu memberikan citra buruk, begitu juga sebaliknya, jika tempat tidak cukup menampung jumlah fans yang datang, rasa kecewa tentu akan terasa, apalagi untuk mereka yang datang dari jauh. 

  • Jarak/Lokasi

Faktor kedua yang tak kalah penting adalah letak atau lokasi venue esports tempat kompetisi diselenggarakan. Memilih tempat yang mudah diakses atau memiliki banyak jalur transportasi umum merupakan pertimbangan utama agar para fans tidak kesulitan untuk datang. Bahkan, biasanya para penyelenggara bahkan menyediakan transportasi antar jemput di titik-titik tertentu agar memberikan kenyamanan bagi fans. 

Pertandingan esports yang biasanya berlangsung dari pagi hingga malam hari membuat pertimbangan jarak cukup penting. Apalagi para fans tentu menunggu momen-momen grand final bahkan kesempatan untuk melihat tim favoritnya mengangkat piala. 

Source: Inven Global

  • Keunikan Venue

Venue yang digunakan untuk pertandingan esports di Indonesia belum bisa menyajikan pengalaman menonton yang maksimal. Namun, kita bisa mengambil contoh beberapa lokasi di luar negeri yang dibuat khusus untuk pertandingan esports. Misalnya LOL Park yang berlokasi di Korea Selatan, sekaligus rumah untuk kompetisi League of Legends Champions Korea (LCK). 

Stadium yang beroperasi sejak tahun 2019 lalu ini memiliki kapasitas 500 penonton, serta dilengkapi tatanan kursi yang memberikan pengalaman menonton hingga dapat mendukung tim favorit mereka secara maksimal. Perangkat berkualitas tinggi juga dimiliki LOL Park guna menjamin para fans bisa menonton dengan nyaman. 

Tak hanya itu, LOL Park juga menyediakan Exhibition zone untuk memanjakan mata fans yang datang. Mereka bisa melihat pajangan jersey dan figur dari tim yang bertanding. Bahkan, tersedia 100 pc gaming yang bisa dinikmati sembari menunggu pertandingan di LOL Park. 

Bagaimana pendapatmu Sobat Esports, kira-kira di Indonesia, lokasi mana yang jadi favorit kamu untuk jadi Esports Venue?