Esports

Hampir Separuh Populasi Bumi Main Game, Mayoritas Gunakan PC

Billy Rifki
23/06/2021 16:40 WIB
Hampir Separuh Populasi Bumi Main Game, Mayoritas Gunakan PC
gamerant.com

Sejauh mata memandang, kita hampir menemukan setiap orang sibuk bermain game, baik offline maupun online. Aktivitas hiburan ini berkembang dari pengisi waktu luang jadi profesi yang menjanjikan.

Tapi, pernah terpikirkah Sobat Esports sebenarnya ada berapa banyak sih game di bumi ini? Berdasarkan studi di tahun 2020, disebutkan bahwa hampir separuh dari populasi manusia di bumi bermain video game. Dari total penduduk bumi saat ini yang berjumlah sekitar 8 miliar orang, sekitar 40% atau 3,1 miliar orang merupakan gamer baik itu secara profesional maupun casual.

Yamisok Nobar

Industri game berbasis perangkat genggam atau mobile gaming merupakan segmen dengan pertumbuhan pengguna tercepat. Meski begitu, 48% dari konsumen video game global menggunakan PC. Pemain konsol berjumlah sekitar 8% saja namun mereka mencatatkan spending atau pengeluaran per orang untuk game tertinggi.

Region Asia memiliki gamer dengan persentasi pemain game berbayar tertinggi sebanyak 1,4 miliar orang, Eropa 668 juta, Amerika Latin 383 juta dan Amerika Utara 261 juta orang.

Untuk kategori mobile, benua Asia mendominasi kalangan gamer "HP miring". Hampir 53% gamer di region ini adalah gamer mobile, di Eropa hanya sekitar 17% kelompok gamer mobile, 11% di Amerika Latin, kawasan Timur Tengah 7% dan Amerika Utara 4%.

Fenomena esports bukan satu-satunya pendorong peningkatan populasi gamer di dunia. Desakan isolasi mandiri ketika pandemi COVID-19 merebak juga menghidupkan minat orang bermain game untuk mengisi waktu luang.

Secara ekonomi, keuntungan industri game menghasilkan profit lebih tinggi dari industri musik dan film digabungkan. Tak ayal, semakin banyak investasi yang digelontorkan untuk sektor hiburan video game yang memicu minat lebih banyak orang untuk jadi gamer.