Mengintip Venue Esports di PON XX Papua, Hockey Indoor Doyo Baru

Billy Rifki
26/08/2021 15:12 WIB
Mengintip Venue Esports di PON XX Papua, Hockey Indoor Doyo Baru
pu.go.id

Turnamen esports resmi dipertandingkan pada ajang PON XX (ke-20) di Papua pada 22 hingga 26 September 2021. Meski masih berstatus ekshibisi, namun ini adalah sejarah baru bagi kemajuan esports tanah air.

Adapun game yang dipertandingkan awalnya adalah Free Fire, Mobile Legends dan eFootball PES 2021. PUBG Mobile dan Lokapala belakangan diikutsertakan jadi game yang dipertandingkan dengan titel terakhir masih sebatas friendly match. PON XX Papua sendiri dilaksanakan dalam empat venue, salah satunya adalah Hockey Indoor Doyo Baru untuk eksibisi esports. Seperti apa sih tampak venuenya?

Hockey Indoor Doyo Baru merupakan satu dari tujuh venue yang dibangun di komplek Gelora Papua Bangkit. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah melakukan serah terima pembangunan empat venue untuk digunakan pada PON XX Papua nanti diantaranya arena Aquatic dan Istora Papua Bangkit di kawasan Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur dan venue Cricket dan lapangan Hockey (indoor dan outdoor) di kompleks olahraga Doyo Baru, Distrik Waibu di Kabupaten Jayapura. 

Pembangunan prasarana di Papua merujuk pada amanat Instruksi Presiden No. 10 Tahun 2017. Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya pada Desember 2018 mulai membangun arena Aquatic dengan biaya sebesar Rp 401 miliar.

Selanjutnya Istora Papua Bangkit mulai dibangun pada November 2018 dengan memanfaatkan lahan seluas 33.016 m2 di kawasan Olahraga Kampung Harapan. Pembangunannya dilaksanakan oleh kontraktor PT PP (Persero) dengan biaya APBN sebesar Rp 278,5 miliar.  

Khusus untuk venue esports nanti, arena Cricket dan lapangan Hockey berada di atas lahan seluas 133.509 m2 dengan biaya pembangunan sebesar Rp 288,3 miliar. Untuk venue Hockey Outdoor telah menerima sertifikasi dari Federasi Hoki Internasional (FIH) pada 5 Agustus 2020 lalu, sebagai arena yang siap digunakan untuk pertandingan berskala Internasional. 

Venue ini dilengkapi fasilitas seperti lighting, scoring board digital, ruang medis, ruang khusus pemain, ruang ganti pemain, dan beberapa fasilitas pendukung lainnya termasuk akses disabilitas. Untuk venue outdoor dan indoor punya kapasitas tampung yang berbeda. Hockey Outdoor memiliki daya tampung 1900, sementara Cricket dapat menampung kurang lebih 1700 penonton.

Pengerjaan Stadion Gelora Bangkit selesai pada Juni 2019 dengan total biaya pembangunan mencapai Rp 1,3 triliun loh sobat esports. Stadion ini juga berhasil masuk sebagai salah satu Nominasi Stadion Terbaik Dunia 2019. MURI sampai memberikan tiga buah rekor diantaranya “Struktut Atap Baja Lengkung dengan Bentangan Terpanjang”, “Instalasi Textile Duct dengan Ring Internal Diameter Terpanjang”, serta ‘Atap Dome Terluas tanpa Baut”.

Wih bangga banget ada stadion lain yang bisa sekeren Gelora Bung Karno. Pasti sobat Esports pengen banget liat kemegahan venue PON XX langsung dari Papua kan?