Game Simulasi Bertani Stardew Valley Bakal Jadi Esports

Billy Rifki
26/08/2021 13:45 WIB
Game Simulasi Bertani Stardew Valley Bakal Jadi Esports
gamespot.com

Kalian mungkin pernah mendengar istilah "kalau ngga mau di-gank, main harvest moon aja!" saat bermain game kompetitif seperti MOBA. Harvest Moon adalah game lawas di konsol PlayStation yang bergenre simulasi kasual di mana pemain akan jadi petani dan mencoba membangun kehidupan. Tentu, tak ada musuh atau orang lain yang mencoba membunuh kalian di game ini karena semua damai.

Salah satu game lain yang serupa dengan Harvest Moon adalah Stardew Valley. Bedanya, Stardew Valley akan memiliki turnamen berhadiah $40.000 USD atau sekitar 577 juta Rupiah. Kini, kalian tak bisa lagi berlindung di game simulasi bertani karena game ini akan menjadi titel esports.

Menurut pengembang, ConcernedApe yang diwakili oleh Eric Barone selaku pencipta Stardew Valley mengumumkan Stardew Valley Cup akan dimulai 4 September mendatang. Turnamen ini berkolaborasi dengan Zach "Unsurpassable Z" Hartman, seorang content creator dari Stardew Valley.

FORMAT TURNAMEN

Turnamen ini akan dilakukan oleh tim berisi empat orang melawan tiga tim lainnya dengan tujuan mencari poin sebanyak-banyaknya dari berbagai tugas yang ditentukan dalam game. Para peserta merupakan speedrunner dan streamer.

Hartman menjelaskan bakal ada ratusan tantangan yang harus diselesaikan dalam waktu tiga jam. Tiap tantangan memiliki perolehan poin berbeda tergantung tingkat kesulitannya, bahkan bakal ada tugas misteri.

Untungnya, pencetus turnamen mengatakan tiap tim punya waktu dua minggu untuk berlatih dan menyiapkan strategi. Kalian bisa menyaksikan turnamen Stardew Valley ini di link berikut. Pemenang turnamen akan mendapat $28.000 USD dari total $40.000.

Melihat popularitas Stardew Valley yang bisa menjual 10 juta kopi permainan di Januari 2020 lalu, rasanya akan banyak viewers yang tertarik menyaksikan turnamen ini.