Usai PON Esports Papua, PB ESI Segera Buat Liga Esports Nasional

Billy Rifki
30/09/2021 10:01 WIB
Usai PON Esports Papua, PB ESI Segera Buat Liga Esports Nasional
sport.tempo.co

Usai sukses menyelenggarakan eksibisi esports di PON XX Papua, Pengurus Besar Esport Indonesia (PB ESI) selaku salah satu organisasi pengurus esports di tanah air berniat membuat liga esports nasional. Kabar ini diungkap Ketua Bidang Humas dan Komunikasi PB ESI, Ashadi Ang di Jayapura pada Senin, 27 September 2021.

"Setelah acara pon ini selesai kita lakukan evaluasi. Laporan dan setelah itu kita melakukan gebrakan untuk melakukan liga nasional di seluruh Indonesia. Ini akan sampai ke kabupaten semuanya. Target penyelenggaraan sekitar tahun depan," ujar Ashadi dikutip dari sport.tempo.co

Yamisok Nobar

Lebih lanjut, liga nasional ini nanti akan mencakup Liga 1, Liga 2 dan Liga 3 yang artinya akan ada regenerasi dan sistem kompetisi yang berjenjang bagi para atlet esports muda. Hanya saja, Ashadi masih enggan membeberkan lebih banyak detail.

Salahs satu evaluasi terpenting dari penyelenggaraan PON XX Papua ini adalah ketersediaan infrastruktur. Meski banyak rintangan dan hambatan, PB ESI tetap berhasil menjalankan acara dengan cukup lancar dan tanpa kendala-kendala jaringan yang mengganggu.

"Jujur secara infrastruktur di sini mengalami keterbatasan yang sangat berati, kita bisa sukses melaksanakan keseluruhan rangkaian acara dengan aman. Artinya, PB Esport Indonesia, kita berani untuk melakukan turnamen-turnamen di seluruh penjuru Tanah Air di Indonesia," tambah Ashadi

Namun, ia berharap pemerintah bisa segera membenahi berbagai infrastruktur di daerah. Oleh karena ini, PB ESI juga ingin mengajak Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk mendorong percepatan penyelenggaraan pita lebar atau broadband di seluruh penjuru Tanah Air.

Wah makin banyak turnamen besar berskala nasional di tahun depan. Kita doakan saja liga esports nasional dari PB ESI terwujud yah!