Bukan Turnamen Biasa, Piala Presiden Esports 2021 Siap Gali Potensi Bangsa

Billy Rifki
14/09/2021 22:42 WIB
Bukan Turnamen Biasa, Piala Presiden Esports 2021 Siap Gali Potensi Bangsa
press conference Piala Presiden Esports 2021

Setelah merilis teaser kehadiran Piala Presiden Esports 2021, dalam waktu dekat turnamen yang digagas Presiden Republik Indonesia Joko Widodo siap untuk digelar. Tahun ketiga penyelenggaraan turnamen olahraga elektronik kasta tertinggi di Tanah Air akan mengusung tema dan pesan khusus #BanggaEsportsIndonesia.

Kepastian penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2021 ini disampaikan langsung oleh Kepala Staf Kepresidenan RI Jend TNI (Purn) Moeldoko dalam jumpa pers yang digelar secara daring pada Selasa 14 September 2021. Bukan sekedar ajang turnamen esports, menurut Moeldoko, penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2021 diarahkan untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki Bangsa Indonesia menjadi pemimpin esports di kawasan regional asia bahkan dunia.

“Indonesia harus siap untuk menjadi leader dalam dunia esports, baik di kawasan regional maupun internasional. Kita memiliki potensi yang luar biasa besar dari sisi sumber daya generasi muda, ekosistem keolahragaan, dan juga industri esports. Ini yang akan terus kita dorong dan wujudkan melalui penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2021 yang akan dimulai pada bulan Oktober nanti. Kita bangga dan yakin bahwa esports Indonesia akan mampu menjadi yang terbaik,” ungkap Moeldoko.

Terkait teknis turnamen Piala Presiden Esports 2021, Ketua Panitia Pelaksana Piala Presiden Esports 2021 Rangga Danu Prasetyo menjelaskan edisi ketiga kompetisi olahraga elektronik terbesar ini akan dibuka dengan seremoni kick off pada tanggal 3 Oktober mendatang. Turnamen diselenggarakan secara hybrid, mengkombinasikan sistem daring dan luring disertai penerapan protokol kesehatan yang ketat dan menyeluruh. Adapun cabang game yang akan dipertandingkan yaitu; eFootball PES, Free Fire, Lokapala, Mobile Legends, PUBG Mobile dan MPL Gaming.

“Penyelenggaraan PPE 2021 merupakan kerja kolaboratif lintas sektoral dan stakeholders di esports yang begitu besar. Sebagai pelaksana sejak ajang perdana, kami optimis bahwa PPE 2021 akan memberikan sumbangsih bagi kemajuan bangsa dan generasi muda kita di kancah esports. Saat ini open registration untuk atlet dan tim esports sudah dibuka dan kami yakin hingga dimulainya nanti mampu memenuhi target lebih dari 170 ribu atlet berpartisipasi,” terang Rangga.

Setelah upacara pembukaan, pertandingan di masing-masing cabang game akan bergulir hingga babak grand final pada akhir tahun nanti. Babak kualifikasi terbagi dalam enam regional wilayah yaitu; Regional Sumatera, Regional Kalimantan, Regional Sulawesi, Regional Jawa, Regional Bali NTT-NTB, dan Regional Maluku Papua. Para atlet dan tim yang bertanding akan berjuang memperebutkan total prize pool senilai Rp 2 miliar dan kesempatan untuk menapaki karir yang lebih besar lagi di industri esports.

Piala Presiden Esports 2021 masih ada kejutan diujung perhelatan. Di babak grand final akan ada pertandingan level internasional yang secara khusus mendatangkan tim esports kelas dunia. Hal ini diharapkan akan menjadi daya tarik yang besar bagi publik esports mancanegara untuk turut menyaksikan Piala Presiden Esports 2021.

Bakal seseru apa yah Piala Presiden Esports 2021 nanti?