PBESI Optimis Bisa Raih 5 Emas di Cabor Esports SEA Games 2021

Billy Rifki
23/12/2021 15:17 WIB
PBESI Optimis Bisa Raih 5 Emas di Cabor Esports SEA Games 2021
suara.com

Pengurus Besar Esports Indonesia optimis para atlet esports yang mereka siapkan nanti bisa tampil baik di SEA Games 2021. Bahkan, PB ESI menargetkan 5 medali emas dari cabang olahraga esports.

Hal ini diungkapkan oleh Frengky Ong selaku Sekretaris Jendral PB ESI di SCBD, Jakarta pada Rabu kemarin (22/12). "Kami menargetkan lima medali emas di SEA Games ini. Kami akan bentuk badan tim nasional, dan untuk kuotanya kami memiliki beberapa target," dikutip dari suara.com

Untuk menyiapkan atlet berkualitas sebagai wakil Indonesia di SEA Games 2021 juga ajang internasional lain seperti Asian Games, PB ESI telah memulai langkah kerjasama dengan IESPA dan KOI (Komite Olahraga Indonesia).

Selain itu ada juga Liga Esports Nasional yang akan diselenggarakan di tahun 2022 sebagai wadah kompetisi para gamer berskala nasional. Sistem kompetisi ini menggunakan format poin berjenjang mulai dari Liga 3 atau amatir, liga 2 sampai liga 1. Jumlah poin ini akan menentukan apakah tim bisa melaju ke fase atau liga selanjutnya.

Proses pemilihan kontingen untuk wakil di event internasional diakui Frangky akan dipilih dari peserta yang mengikuti program Liga Esports nasional. “Satu tim atau satu atlet yang akan nanti kami masukan ke dalam single event atau multi event, baik internasional maupun nasional. Itu yang nantinya dari program yang kita jalankan,” ucapnya.

Ketua Bidang Pelatih dan Wasit PB ESI, Christian Suryadi memastikan Liga Esports Nasional tidak akan bentrok dengan turnamen nasional lain yang rutin bergulir di Indonesia seperti Mobile Legends Professional League atau PUBG Mobile Professional League. Hanya saja, belum jelas kapan jadwal Liga Nasional akan digelar serta game apa saja yang akan dipertandingkan.

Sejauh ini, ada 8 title game esports yang akan dipertandingkan di SEA Games 2021 Vietnam yakni Mobile Legends: Bang Bang, League of Legends Wild Rift, Arena of Valor, PUBG Mobile, Free Fire, FIFA Online 4, League of Legends (PC), dan Raid (Crossfire - PC). SEA Games 2021 berlokasi di Hanoi, Vietnam pada 12-23 Mei 2022.