Esports

Belum Gencar Akuisisi, Nintendo Ingin Fokus di Internal

Rendy Lim
04/02/2022 15:21 WIB
Belum Gencar Akuisisi, Nintendo Ingin Fokus di Internal

Nintendo Switch menyatakan bahwa mereka saat ini sedang akan fokus untuk melakukan perubahan di internal dan pengembangan. Tindakan ini cukup berbeda jika melihat rival perusahaan lain seperti Sony dan Microsoft yang tengah gencar melakukan akuisisi.

Kabar ini datang setelah pengumuman hasil penjualan terbaru Nintendo. Berdasarkan data pada 31 Desember 2021 kemarin, Nintendo telah mencetak 103.54 juta unit penjualan, melampaui baik jumlah wii dan playstation dalam hal lifetime sales.

"Brand kami dibangun dari hasil produk yang penuh dedikasi dari karyawan kami dan  memiliki orang dengan jumlah besar di perusahaan yang belum memiliki DNA Nintendo bukanlah hal yang baik bagi perusahaan," tutur Nintendo president Shuntaro Furukawa melalui Bloomberg.

Sebelumnya, pada November silam, Nintendo juga berencana meluaskan pengembangan game secara internal, menyusul kesuksesan dari Switch dan softwarenya. Hal ini juga membuat kantor Nintendo di Kyoto diperbesar. Nintendo juga tak punya rekam jejak mengakuisisi studio luar, dan lebih memilih untuk bekerjasama dengan perusahaan lain dalam berbagai proyek dengan jangka waktu lama dibanding membelinya.

Meski sedang fokus dalam hal internal, presiden Nintendo mengungkap bahwa tidak menutup kemungkinan bahwa mereka akan juga melakukan akuisisi. Jika melihat perkembangan industri game saat ini, langkah tersebut mungkin akan segera diambil yah. Bagaimana pendapatmu Sobat Esports, kira-kira perusahaan apa yang bakal dicaplok oleh Nintendo nih?