Daftar Pemain Invited Seleknas Ngeri, Kenapa Perlu Pendaftar Terbuka?

Billy Rifki
08/02/2022 16:55 WIB
Daftar Pemain Invited Seleknas Ngeri, Kenapa Perlu Pendaftar Terbuka?
garudaku.esi

Semalam, akun Instagram GarudaKu mengunggah daftar pemain undangan atau invited langsung dari panitia seleknas untuk 10 nomor game yang akan dipertandingkan di SEA Games Vietnam 2021. Rata-rata pemain tersebut adalah pro player yang sedang bersinar dan punya prestasi top setahun terakhir.

Melihat ngerinya daftar tersebut, mengapa proses seleksi nasional masih perlu pendaftar terbuka? Bukankah mengirim pemain profesional yang sudah bisa bertanding di luar negeri sudah cukup? Ternyata, ada alasan lain yang diungkap perwakilan PBESI terkait pengadaan pendaftaran peserta seleksi nasional.

Richard Permana, CEO dari tim NXL sekaligus ketua Pelatih Tim Nasional Indonesia mengatakan demikian. "Menurut pandangan saya, karena saya percaya banyak sekali potensi dan talenta putra-putri terbaik bangsa yang memang jago sekali memainkan game di nomer-nomer tersebut. Di luar tim jalur seleknas, di luar tim bentukan pelatih, di luar jalur juara PON, nah mereka ini harus diberi kesempatan melalui jalur kualifikasi terbuka, bersaing menjadi yang terbaik, untuk masuk ke pelatnas dan diseleksi oleh pelatih nomer game tersebut" ucapnya dalam rekaman audio via Instagram Garudaku.esi.

Para peserta yang mendaftar pasti punya motivasi tinggi untuk mewakili Indonesia. Kehadiran mereka juga bukan cuma sebagai peramai tapi penguji mental dan kemampuan tim-tim pilihan seleknas, pelatih dan jalur PON.

Terbuka juga kemungkinan satu atau dua pemain dari pendaftar terbuka yang memang tampil mengesankan selama pelatnas bakal dipilih oleh pelatih dan nantinya masuk dalam bagian timnas esports SEA Games Vietnam.

Terakhir, Richard berharap perjuangan panjang para peserta kualifikasi terbuka bisa menginspirasi calon pemain timnas nanti untuk tampil baik membawa harapan bangsa dan meraih emas di SEA Games Vietnam.