Ternyata Main Game Online & Esports Punya Manfaat Kesehatan

Billy Rifki
17/02/2022 14:54 WIB
Ternyata Main Game Online & Esports Punya Manfaat Kesehatan
healthtechzone.com

Banyak yang beranggapan kalau bermain game bisa menimbulkan banyak masalah kesehatan. Memang benar, hal itu bisa terjadi kalau tidak dilakukan dengan manajement waktu yang baik. Namun, dibalik stigma negatif tersebut ada juga loh manfaat kesehatan dari bermain game online sampai yang kompetitif atau esports.

Manfaat main game tersebut sudah teruji secara kelimuan dan diuji oleh berbagai pihak untuk meringankan dan menyembuhkan penyakit tertentu. Apa saja sih manfaat kesehatan dari main game online dan esports?

- Terapi untuk Anak-anak Dengan Penyakit Mental

Universitas Utah di Amerika Utara melakukan kajian manfaat bermain game secara rutin untuk anak-anak yang menderita parkinson, autisme dan depresi. Dari kajian tersebut ditemukan pasian yang bermain game tertentu menunjukan penguatan kepercayaan diri, sikap pantang menyerah dan berdaya juang tinggi.

Para peneliti meyakini kalau game mampu mempengaruhi mekanisme saraf dan mengaktifkan perasaan positif, sehingga sang pasien bisa bersikap lebih baik saat menghadapi tantangan dengan kondisi mereka.

- Mampu Mengurangi Stress

Menurut studi yang dirilis tahun 2009 oleh Annual Review of Cybertherapy and Telemedicine, gamer bisa mengurangi rasa stress mereka dengan bermain game. Studi menunjukan bahwa gamer yang menderita gangguan secara mental atau frustasi mampu mengurangi rasa agresi mereka saat bermain game.

Kesimpulan sementara menunjukan bahwa game bisa membuat orang merasa tenang dan berada dalam level emosional yang kondusif.

- Mampu Mengurangi Rasa Sakit

Psikologis dari Universitas Washington menciptakan sebuah game virtual reality bernama "Snow World". Game ini diciptakan untuk mengurangi rasa sakit pasien dengan cara mengalihkan pikiran mereka lewat game.

Dalam game ini, pemain cuma harus melemparkan bola salju ke arah manusia salju atau pinguin. Rumah sakit militer setempat menemukan bahwa prajurit yang memainkan game ini dalam pemulihannya membutuhkan lebih sedikit obat penghilang nyeri.

- Mempertajam Penglihatan

Banyak yang mengatakan terlalu lama menatap monitor atau smartphone bisa merusak mata. Apalagi dengan intensitas tinggi seperti bermain game. Memang, pernyataan tersebut benar adanya. Tapi bermain game juga bisa mempertajam penglihatanmu.

Seorang psikologis dari Universitas Ontario, Dr Daphen Maurer mengatakan kalau ada keuntungan tersendiri dari bermain game. Salah satunya, orang yang terjangkit katarak bisa meningkatkan ketajaman penglihatannya dengan bermain game khususnya FPS seperti CS:GO, Call of Duty dan lain-lain.

Gameplay game FPS cenderung cepat sehingga pemain harus awas dan waspada terhadap gerakan kecil, sehingga memungkinkan untuk melatih mata jadi lebih tajam.

Banyak juga yang mengatakan bermain game yang kompetitif membantu meningkatkan konsentrasi, kemampuan strategi, kepemimpinan, interaksi sosial dan kerjasama tim.

Wah banyak juga manfaat kesehatan dari bermain game yah. Apa kalian pernah sembuh dari sakit karena bermain game?