Yamaha November

Sambut Kejuaraan Dunia Esports di Bali, Sandiaga Bakal Fasilitasi Atlet!

Michael
06/03/2022 11:26 WIB
Sambut Kejuaraan Dunia Esports di Bali, Sandiaga Bakal Fasilitasi Atlet!
Sandiaga Uno Saat menghadiri Rakornas PBESI

Perkembangan esports di tanah air semakin meningkat. Selain sedang persiapkan tim nasional esports untuk SEA Games Hanoi 2021, PBESI memiliki sejumlah agenda penting di tahun ini, diantaranya Kejuaraan Dunia Esports 2022 dan Esports Summit Indonesia 2022.

Menanggapi dua event esports berskala dunia tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia sekaligus Dewan Pembina PBESI, Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno yang ditemui pada acara Rakornas PBESI 2022 mengatakan, “Ini bagus banget, karena tentunya event kelas dunia dengan ratusan atau mungkin ribuan peserta akan berpartisipasi akan menjadi ajang promosi pariwisata dan pengembangan ekonomi kreatif kita. Jadi kami akan sangat mendukung. Kejuaraan dunia ini akan menjadi satu momentum buat kita menancapkan prestasi dan esports bisa memberikan kebanggaan bagi bangsa dan negara.”

Taiwan Ecellence - Article Banner

Menjawab pertanyaan rekan media mengenai rencananya sebagai Dewan Pembina PBESI, Sandiaga mengatakan, “Ini juga instruksi dari Pak Presiden, bahwa kita harus membangun suatu support system agar esports ini mulai dari pelatihan, pendampingan sampai dengan pembiayaannya mendapatkan sentuhan dari program yang berkelanjutan dan berkesinambungan. Oleh karena itu kami berkordinasi dengan Kementerian Keungan dibawah kordinasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia kita akan membentuk Badan Layanan Umum (BLU) yang mulai tahun ini.”

PBESI sendiri saat ini sedang menggelar Pelatnas Tahap Pertama Timnas Esports Indonesia untuk SEA Games Hanoi, di Megamendung – Jawa Barat. Mengusung tagline #EmasUntukIndonesia, PBESI menargetkan lima medali emas dari 10 nomor yang dipertandingkan dalam SEA Games 2021 Hanoi.