Manfaat Bermain Game FPS Untuk Semua Kalangan!

Dandesignlab
13/04/2022 10:45 WIB
Manfaat Bermain Game FPS Untuk Semua Kalangan!

Permainan bergenre First Person Shooter (FPS) telah dikenal oleh para gamer sebagai genre yang mengharuskan pemain untuk membidik dan menembak lawan. Umumnya game tersebut meliputi beberapa karakteristik unik seperti melawan Monster & Alien, Manusia super, Tentara, atau berbagai Teroris layaknya Call Of Duty & Counter Strike. Di sisi lain, gamer biasanya sering menikmati permainan yang hanya membutuhkan mekanisme sederhana nan mudah digunakan.

Game FPS umumnya dimainkan menggunakan beberapa hardware yang mudah seperti Keyboard dan Mouse. Namun, terdapat beberapa game khusus yang membutuhkan controller seperti game konsol atau mobile. 

Nah, selain game FPS ini sangat asyik untuk dimainkan, ternyata terdapat beberapa manfaat yang kita bisa dapatkan lho sobat! Penasaran apa saja? mari kita simak:

Apakah Gim FPS Bermanfaat?

Untuk mencapai tingkat kemenangan tertinggi dalam game FPS, pemain harus cepat tanggap saat menembak lawan yang terlihat. Tentunya, ini dapat dilakukan dengan meningkatkan keterampilan mengklik yang cepat dan akurat. Untuk melatih reflek jari dan kecepatan klik biasanya pemain bisa melakukan tes tembak di pelatihan game. 

Training camp yang terdapat di game FPS seperti Valorant, PUBG, dan Apex Legends dapat meningkatkan click per second para pemain dan mengukur jumlah klik yang telah dilakukan dalam waktu tertentu. Karena akurasi dan aim sangat diperlukan dalam FPS, latihan kecepatan klik terus-menerus akan membentuk presisi yang dibutuhkan. 

Sementara itu, penggemar berat game fps ini tidaklah terfokus dalam satu kalangan saja. Baik  anak remaja hingga orang tua telah memainkan game ini dalam kurun waktu tertentu. Permasalahannya adalah terdapat beberapa anggapan dan perdebatan dari masyarakat mengenai kegunaan dan manfaat dari bermain game populer ini. Dengan demikian, bermain game FPS tentu memiliki sejumlah manfaat yang bisa diterima, kendati kecanduannya adalah sebuah kerugian.

Keuntungan Bermain Game FPS

Tanpa disadari, terdapat sebuah keuntungan ketika Gamer sering bermain game taktis FPS. Salah satunya meliputi:

Peningkatan Keterampilan Kognitif

Seseorang yang bermain game membutuhkan strategi, mengembangkan keterampilan dan memecahkan masalah, akan membantu meningkatkan nilai kognitif mereka. Gamer professional umumnya memiliki kemampuan intelektual yang lebih baik ketika menentukan sebuah perencanaan strategis dan penalaran yang datang dari mengungkap teka-teki dan menembak lawan.

Meningkatnya Ketahanan Mental & Kepercayaan Diri

Ketika masih menjadi pemula, biasanya pemain akan sulit untuk beradaptasi dengan game tersebut. Oleh karena tantangan tersebut biasanya terdapat sebuah pemain yang frustasi akibat gagal dan selalu kalah. Namun, keterampilan teknis yang dibutuhkan untuk maju dalam permainan akan terus bertambah seiring waktu berjalan. Sebagai informasi, semua pemain professional sukses telah memulai karirnya sebagai pemula.

Beberapa siklus latihan repetitif akan berpotensi membuat ruang untuk perbaikan. Dengan setiap kegagalan, seorang gamer bertahan dan mencoba lagi hingga ia belajar dan mendapatkan kemajuan. Beberapa peneliti berpendapat bahwa kegigihan yang ditunjukkan oleh gamer ini dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pasalnya, sebuah kebiasaan repetitif yang dilakukan itu akan menimbulkan sebuah peningkatan hal-hal kecil yang akan berdampak lebih besar.

Peningkatan Keterampilan Sosial & Bahasa

Sebagian besar game FPS dirancang sebagai game multiplayer. Dalam kata lain, game ini dapat dimainkan oleh lebih dari satu pemain. Ketika pemain yang berbeda memiliki minat yang sama untuk bersaing dalam permainan ini, komunikasi dan persahabatan akan terbentuk. Uniknya, game multiplayer telah berperan sebagai penghubung untuk menyatukan orang-orang dari latar belakang yang berbeda. Tentu, ini sangat membantu setiap orang untuk membangun hubungan yang sehat, memelajari bahasa dan budaya, dan interaksi aktif yang lebih dari sekedar permainan.

Daya Ingat Yang Kuat

Tak dapat dipungkiri bahwa video game telah bermanfaat bagi anak-anak dan orang dewasa untuk meningkatkan daya ingat. Seperti dibahas pada sebelumnya, melalui kegiatan repetitif yang dilakukan secara berkala tentunya akan menimbulkan daya ingat yang kuat, katakanlah dari latihan membidik secara akurat pada game FPS yang membantu gamer menghilangkan risiko kelupaan dan meningkatkan reflek otak.

Nah, itu dia sejumlah manfaat yang sobat bisa dapatkan dari bermain game FPS. Sejumlah stigma populer bahwa gamer itu membosankan dan malas tentunya tidak berlaku terus-menerus ya sobat! Karena ternyata bermain game ini membutuhkan keterampilan dan kecerdasan yang terkoordinasi dalam kasus tertentu. Bahkan, bermain game kompetitif berat telah melibatkan otak secara aktif dalam permainan yang dapat menghasilkan beberapa perubahan struktural yang positif seperti perhatian, keterampilan sosial dan teknis dengan kewaspadaan mental secara keseluruhan. 

Bagaimana menurutmu? Setuju ga nih dengan manfaatnya? komen dibawah ya!