Presiden Perancis Ingin Esports Masuk ke Olimpiade 2024!

faizalkamill
23/04/2022 10:00 WIB
Presiden Perancis Ingin Esports Masuk ke Olimpiade 2024!
Emmanuel Macron via The Diplomatist

Presiden Perancis Emmanuel Macron baru-baru ini menyampaikan keinginannya untuk mengembangkan esports di negara Perancis. Dalam sebuah interview bersama media The Big Whale, Macron mengatakan bahwa ia ingin membuat Perancis dikenal sebagai negara video game. Salah satu langkah yang ingin dilaksanakan adalah dengan memasukan esports sebagai olahraga medali di Summer Olympic Paris pada tahun 2024 mendatang.

“Terakhir, saya tidak melupakan esports, sektor unggulan Perancis lainnya, dengan tim seperti Team Vitality atau Karmine Corp,” kata Macron. “Dalam hal ini, kami memiliki peluang bersejarah: yaitu Olimpiade 2024. Menjadi pilihan kita untuk memanfaatkan event nanti sebagai jembatan antara 2 olahraga yang berbeda bersatu dalam Olimpiade dengan menyelenggarakan acara olahraga terbesar dunia di tahun itu seperti CS:GO Major, League of Legends Worlds, dan The International Dota 2. Jika Perancis mempercayai saya, kami akan mengerjakannya segera setelah saya terpilih kembali.”

Olimpiade Paris 2024

Sebelumnya Perancis telah berhasil menyelenggarakan beberapa event esports besar di negaranya. Group Stage LoL Worlds 2015, Grand Final Worlds 2019, dan beberapa event esports lainnya. Meski begitu, Perancis belum pernah menjadi venue CS:GO Major ataupun The International.

Rencana untuk mempopulerkan esports di Perancis menjadi salah satu misi Macron menjelang pemilu presiden di Perancis yang akan dilaksanakan tahun ini. Mampukah Macron mewujudkan keinginannya tersebut? Kita tunggu saja ya Sobat Esports.