Esports

Benarkah Esports Ladies Tanah Air Makin Berkembang di 2022?

Dandesignlab
12/06/2022 09:00 WIB
Benarkah Esports Ladies Tanah Air Makin Berkembang di 2022?
Alter Ego Nyx

Esports tak hanya sebatas olahraga video game yang dikhususkan untuk pria saja. Wanita yang memiliki kemampuan dan jiwa kompetitif juga mampu menjadi atlet esports. Saat ini, terdapat banyak pro player wanita diberbagai game yang eksis diseluruh dunia, termasuk Indonesia.

Namun, mengetahui problematika yang masih terjadi hingga saat ini dimana pemain wanita hanya dianggap sebelah mata, apakah esports perempuan Indonesia benar-benar semakin berkembang di 2022?

PT Media Esports Indonesia

Turnamen Ladies di 2022

Yang menjadi pembahasan utama kali ini adalah liga wanita yang mungkin masih jarang dilirik oleh sebagian penggemar. Padahal, acara turnamen khusus ladies semakin banyak dan telah mendapat dukungan secara resmi dari pihak-pihak terkait pada tahun ini.

Dimulai dari Mobile Legends yang memiliki Woman Invitational 2022 beserta Woman Star League sebagai liga wanita musiman profesional yang hadir di Indonesia, VCT Game Changers dari Valorant yang menawarkan kesempatan berulang kali setiap tahunnya, hingga turnamen PUBGM Ladies terbaru, PUBGM Valkyrie Battleground S1, yang digelar sejak 5/27 dan masih berlangsung hingga 6/26 nanti telah meningkatkan entusias baru di skena esports ladies Indonesia. 

Tak berhenti disana, di 2022 pun telah banyak event ladies yang digelar sejak berita ini dibuat. Tempo hari lalu, turnamen CS:GO khusus ladies yang berlokasi di Dallas, ESL Impact S1, telah berakhir dengan finisnya tim Nigma Galaxy diurutan pertama dan membawa hadiah utama senilai US$50.000.

Selain di CS:GO, Nigma berhasil mengangkat trofi WSL Academy S3 dalam debut roster MLBB ladies perdananya, belum lagi Alter Ego Celeste yang tampil dominan di scene Valorant Ladies, VCT Game Changers APAC dan masih belum terkalahkan hingga saat ini. 

Terdapat banyak turnamen yang sudah dan akan kembali digelar di tahun ini. Namun, beberapa turnamen yang sangat ramai di tahun-tahun ini datang dari Valorant, dan Mobile Legends yang mencapai jumlah penonton tertinggi di WSL, dilansir dari Eschart.

Kedepannya masih akan ada turnamen ladies yang hadir kembali yaitu Game Changers, WSL ID S5, dan ESL Impact S2. Info akan diberikan pada waktu berikutnya.

Tim Esports Ladies Populer di Indonesia

Di Indonesia, terdapat sejumlah tim ladies potensial yang dikenal banyak oleh para penggemar. Tim-tim wanita inipun tlah meraih segudang prestasi, baik lokal maupun antar wilayah. Salah satu tim tersebut adalah Alter Ego Celeste yang belum pernah tumbang dikejuaraan APAC Game Changers. Sementara itu, Bigetron Era dari lineup Mobile Legends juga menjadi tim wanita paling mendominasi di turnamen. Inilah beberapa tim ladies yang populer di Indonesia :

  • - Bigetron Era (MLBB)
  • - AE Celeste (Valorant)
  • - AE Nyx (MLBB)
  • - EVOS Lynx (MLBB)
  • - Bigetron Ace (PUBG M)
  • - AE Dione (PUBG M)

Esports Tak Semata Menjadi Pro Player Saja

Esports tidaklah terpaku dengan berprofesi sebagai pro player, memiliki tim esports, dan menjadi yang paling kuat di turnamen. Nyatanya, profesi yang terkait dengan esports ladies di Indonesia juga semakin berkembang dengan para kehadiran Host/Caster wanita, Analyst, Streamer, atau bahkan divisi talent. Tentunya, dengan pengalaman di suatu game dan kontribusinya lah yang menunjang industri esports ladies saat ini. 

Dukungan esports ladies inipun banyak dilirik oleh pihak penyelanggara, atau organisasi esports. Beberapa bulan lalu, squad asal Korea Selatan, T1, telah membuka suara atas pertanyaan mengapa ia tidak membentuk divisi Valorant ladies-nya. Organisasi menjawab bahwa dirinya akan tetap mendukung acara esports ladies meskipun tidak membentuk divisi wanitanya. Dan kemarin, di Sea Games terdapat sebuah turnamen wanita Wild Rift yang dimenangkan oleh timnas Filipina.

Kesimpulannya, esports ladies di Indonesia telah mengalami perkembangan yang lebih baik dari sebelumnya. Euforia yang terdapat di industri esports ladies telah meningkat dan mengalami banyak kehadiran acara kejuaraan ladies anyar di 2022.

Seiring dengan antusiasme penggemar, beberapa organisasi esports di Indonesia saat ini juga banyak yang telah mengumumkan para roster wanitanya untuk segera bergabung di kejuaraan wanita mendatang. Bagaimana menurutmu?