Petra Alpha School dan EAID Hadirkan Intrakurikuler Esports

SlushiesDrinker
02/08/2022 09:00 WIB
Petra Alpha School dan EAID Hadirkan Intrakurikuler Esports
press release

Anak usaha PT Digital Mediatama Maxima Tbk (DMMX) yaitu PT DMMX Gamindo Global melalui PT Edukasi Atlit Internet Digital (EAID) atau dikenal dengan Esports Academy ID resmi bekerja sama dengan Petra Alpha School mencanangkan program intrakurikuler pada tahun pembelajaran 2022/2023. 

Kegiatan intrakurikuler sendiri artinya adalah kegiatan utama sekolah yang dilakukan dengan menggunakan alokasi waktu yang telah ditentukan dalam struktur program. Kegiatan ini dilakukan guru dan para pendidik dalam jam-jam pembelajaran di waktu sekolah.

Intrakurikuler proses belajar mengajar yang utama dalam sebuah sekolah salah satunya adalah wawasan kebangsaan. Hal ini menjelaskan bahwa Esports akan menjadi salah satu bagian utama dalam persyaratan bersekolah pada Petra Alpha School. Jenjang Sekolah menengah Pertama (SMP) dan Sekolah menengah atas (SMA) dapat memilih untuk mengikuti kelas mata pelajaran Esports. 

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan keterampilan dan pengetahuan yang memadai agar siswa Petra Alpha School yang mengikuti program ini dapat memiliki dasar-dasar yang dibutuhkan untuk dapat mengembangkan minat dan bakat serta karirnya di berbagai aspek bidang esports setelah lulus dari Petra Alpha School.

Dengan adanya intrakurikuler ini, Esport Academy ID berharap untuk mendorong perkembangan positif dalam ekosistem esport di Indonesia. Selain itu, Esport Academy ID berharap dapat menjadi sarana yang dibutuhkan untuk membentuk atlet esport Indonesia masa depan yang tidak hanya berkemampuan tinggi tetapi juga berprestasi.

Pada kesempatan program intrakurikuler dan ekstrakurikuler ini dapat menjadi salah satu kualifikasi untuk pendaftaran beberapa perguruan tinggi yang menerima beasiswa non akademik, Esports menjadi salah satu bidang non akademik yang diakui sebagai bidang yang dapat mempertimbangkan siswa-siswi yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi.

Salah satunya adalah Universitas Podomoro, yang bekerja sama dengan Petra Alpha School menerima calon mahasiswa yang berprestasi non akademik bidang Esports. Mendapatkan beasiswa potongan harga hingga 70%. 

Arza Djatmika, Founder dan CEO EAID mengatakan:

Kami sangat senang untuk mengumumkan program intrakurikuler yang bekerjasama dengan Petra Alpha School dan kami berharap program ini dapat berkontribusi tidak hanya untuk keberhasilan esport di kalangan siswa Petra Alpha School, tetapi juga awal untuk kemajuan peningkatan atlet esport yang berbakat dan berprestasi di Indonesia. Esports Academy ID

berdedikasi untuk menjadi sarana yang diperlukan kepada siswa-siswi Petra Alpha School agar dapat unggul dalam perjalanan pengembangan minat dan bakat mereka sebagai atlet esport masa depan baik di kompetisi Internasional maupun domestik.” 

 

Selain itu, Natesh, Ketua Yayasan Petra Alpha School mengatakan:

"Dengan bangga hati, saya mengumumkan dimulainya program kerjasama sekolah petra alpha dengan esport academy. Sejalan dengan program yang sekolah kami kembangkan yaitu untuk memajukan anak dalam program akademi dan non akademis, pembelajaran esport diharapkan juga bisa membangun karakter anak di kesehariannya.

Semoga di hari kedepan, makin banyak atlet2 esport yang bisa berkarya membela nama bangsa dan semakin diakuinya esport dalam konteks positif untuk membangun kepribadian dan karakter baik pada anak didik kami." 

Cahya Igustie Ragil, selaku Pelatih Esports Academy ID memberikan rasa syukurnya dan juga kepercayaannya untuk melatih siswa siswi yang memiliki minat dalam bidang esports.

Saya sangat bersyukur karena telah memberi saya kesempatan dan dipercaya untuk melakukan pelatihan Esports untuk siswa-siswi Petra Alpha School. Saya percaya bahwa kami dapat memberikan pelatihan untuk para siswa-siswi yang memiliki minat dalam bidang Esports.

Saya berharap melalui pengalaman saya dan dengan dukungan EAID dan Petra Alpha School, kami dapat membawa hasil yang berdampak positif bagi perkembangan Esport di Indonesia.” 

Melalui Esports academy ID Intrakurikuler akan dilatih oleh para pemain ahli (pro player) yang sudah memiliki beberapa prestasi baik Nasional dan Internasional. Salah satunya adalah Cahya Igustie Ragil atau dikenal sebagai ExagonID adalah seorang pemain esport PUBG: Mobile di tim From the Future.

Cahya telah memiliki pengalaman berkompetisi: Peringkat 8 PUBG FACEIT GLOBAL SUMMIT LONDON, Peringkat 7 PUBGM CONTINENTAL Series 3: Asia Pacific, Peringkat 2 PUBG SEA CHAMPIONSHIP THAILAND, Peringkat 1 PUBG BIGO SQUAD TOURNAMENT, Peringkat 1 PUBG AEROWOLF ELITE SERIES I.

Kegiatan Ragil yang baru saja terselesaikan dalam dunia Esports adalah Pelatih / coach untuk tim Indonesia yaitu turnamen PUBG Nations Cup (PNC) di Thailand 2022. Ragil sudah menjadi pelatih di Esports Academy ID sejak 2021. 

Selain program intrakurikuler, Esports akan menjadi Ekstrakurikuler yang dapat dipilih para siswa untuk mengembangkan minat dan bakatnya.

Petra Alpha School akan menjadi sekolah pertama yang bekerja sama dengan Esports Academy ID membuat 2 program Esports dengan waktu yang bersamaan Ekstrakurikuler akan menjadi wadah para siswa yang tertarik untuk mengembangkan minat dan bakatnya dalam bidang Esports.