Tips Meniti Karir Sebagai Streamer Gaming Profesional!

Dandesignlab
28/08/2022 08:00 WIB
Tips Meniti Karir Sebagai Streamer Gaming Profesional!
Ninja

Sebagai penggemar esports, memiliki impian menjadi pro player dalam suatu game tentu merupakan hal yang pertama kali terlintas dalam benak seorang gamer sejati. Namun, sulitnya kompetisi dan waktu bermain yang kian sedikit akibat berbagai aktivitas mengakibatkan para pemain gagal untuk mewujudkan cita-citanya.

Lantas, kegagalan yang dialami oleh para gamer tersebut seringkali memunculkan sebuah ide untuk membuat kanal pribadinya dan meniti karir sebagai streamer profesional sebagai jalan alternatif selain menjadi pemain profesional. Sayangnya, satu dari banyaknya tipe gamer tersebut masih gagal untuk menghadirkan konten-konten yang menarik perhatian pemirsa. 

Tim Esports ID telah memiliki sejumlah tips untuk para sobat esports mewujudkan impian menjadi streamer atau kreator profesional! Penasaran apa saja? Mari kita simak;

Investasi Alat & Wawasan

Sebagai industri yang erat di bagian multimedia, alat menjadi suatu hal penting yang dimiliki oleh para streamer atau kreator. Selain dapat menunjang pekerjaan menjadi lebih baik, peralatan yang berkualitas akan menciptakan tampilan konten lebih profesional dan membuat para pemirsa nyaman menonton berulang kali.

Salah satu alat yang perlu di investasikan ialah PC gaming bertenaga (cek disini untuk melihat rekomendasi pc gaming terbaik), perangkat audio, dan beberapa aksesoris lain seperti kabel penghubung dan sebagainya.

Namun, alat yang luar biasa tidak akan menghasilkan hasil yang apik jika tidak dapat dioperasikan dengan baik. Maka dari itu, berinvestasi untuk menambah wawasan atau kemampuan tentang pembuatan konten sangat diperlukan sebagai pemula.

Prioritaskan Audio Ketimbang Video

Kesalahan yang kerap kali terjadi oleh para pemula ialah membeli kamera webcam profesional mahal dengan harapan dapat menghasilkan konten gaming face cam yang berkualitas tinggi. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah, namun hanya sedikit kurang tepat jika diposisikan pada pemula.

Jika sobat esports ingin membuat konten bermain game, maka mengutamakan kualitas audio adalah hal yang sebaiknya dilakukan pertama sebelum merogoh kocek untuk bagian video yang cenderung mahal. 

Membeli mic yang proper beserta audio interface mumpuni dapat menjadi opsi terbaik untuk menghasilkan video gaming berkualitas. Karena pada dasarnya, pemirsa sering kali merasa nyaman terhadap suatu konten yang memiliki komunikasi jelas dan asik, ketimbang video yang berkualitas namun memiliki audio yang buruk.

Pahami Dasar Broadcasting (Mixing Audio, Overlay, Pengaturan)

Memahami dasar software broadcasting atau livestreaming yang digunakan tentu menjadi modal berikutnya yang perlu dimiliki oleh para calon kreator sukses. Mulailah dengan memilih software umum seperti OBS atau Streamlabs yang telah populer dikalangan streamer profesional.

Di sisi lain, sobat esports juga perlu meluangkan waktu mempelajari pengaturan software tersebut beserta dengan pelajaran dasar lainnya seperti mixing audio mic agar enak didengar, menambah sedikit tampilan animasi (overlay) yang unik, dan mengatur input - output streaming agar tidak terjadi lag atau menghasilkan kualitas yang tajam.

Hadirkan Konten Menarik & Unik

Setelah semua persiapannya sudah matang, kini tinggal menentukan apa konten yang ingin di hadirkan ke dalam livestreaming. Sobat esports dapat menentukan judul game atau tipe konten apa yang ingin disalurkan dan membuat konsep yang menarik perhatian pemirsa.

Dengan memahami teknik dasar, sobat esports dapat mencoba melakukan live perlahan-lahan dan konsisten membangun kanal gaming impian.