Universitas Indonesia Akan Tambah Mata Kuliah Esports!

Dandesignlab
26/08/2022 12:00 WIB
Universitas Indonesia Akan Tambah Mata Kuliah Esports!
Ilustrasi Esports

Perkembangan dan antusiasme esports di Indonesia semakin bertumbuh pesat seiring hadirnya para atlet esports berprestasi yang telah bermain di kancah internasional untuk mewakilkan tanah air pada tahun belakangan ini.

Melihat skena yang cukup ramai dan memiliki banyak penggemar, tidak sedikit beberapa organisasi yang mendukung laju kegiatan esports dengan cara mengadakan beberapa turnamen esports di berbagai wilayah di Indonesia dan memfasilitasi para pemain muda potensial untuk melaju ke kancah profesional yang lebih tinggi.

Universitas Indonesia (UI) telah menjadi salah satu kampus yang mendukung era teknologi saat ini dengan mengadakan mata perkuliahan game, AI, dan esports pada Fakultas Vokasi seperti yang disampaikan oleh Ngurah Rangga Wisesa selaku Ketua Program Studi Produksi Media di Vokasi UI.

Untuk informasi, Vokasi merupakan suatu program khusus yang memfokuskan para pemuda-pemudi menguasai beberapa bidang keahlian tertentu. Mata kuliah ini bertujuan untuk meningkatkan bakat dan potensi para cendekiawan untuk dapat bergabung di industri baru, salah satunya adalah game.

"Prodi Produksi Media terus berupaya untuk melengkapi lingkup pembelajaran di bidang media yang belum ada di lingkungan UI, untuk memperkaya khasanah media baru yang berpotensi besar menjadi industri di Indonesia, Upaya ini diharapkan agar lulusan Produksi Media dapat menyesuaikan diri dengan kebutuhan industri, terutama industri digital ke depan." Ucap Rangga.

Tidak hanya esports, kegiatan ini juga mendukung beberapa bidang lainnya seperti produksi komik, AI, fotografi digital, konten musik, film, dan desain sebagai industri media kreatif.