Ketua Pelaksana Pelatnas Ungkap Rahasia Seleknas "Ajaib" PBESI

Billy Rifki
14/12/2022 18:30 WIB
Ketua Pelaksana Pelatnas Ungkap Rahasia Seleknas "Ajaib" PBESI
esports.id interview

Timnas Esports Indonesia sukses berjaya di kejuaraan esports dunia, IESF-14 Bali. Dari tujuh kategori yang dipertandingkan, Indonesia berhasil mendapatkan tiga emas dari nomor Mobile Legends, eFootball dan DOTA 2. Alhasil, Indonesia menciptakan sejarah sebagai negara Asia Tenggara pertama yang bisa jadi juara umum di event IESF.

Padhal, sebelum IESF Bali dimulai, netizen banyak mengkritisi proses seleksi nasional yang dilakukan PBESI. Mulai dari waktu persiapan yang mepet, banyaknya jalur undangan serta penentuan kandidat seleksi yang berubah-ubah. Hal ini pernah terjadi saat seleksi nasional di SEA Games 2021 Vietnam. Namun, hasil seleksi nasional tetap saja "ajaib", Indonesia berhasil dapat beberapa emas walau diragukan publik sendiri.

Lantas, apa yang membuat seleksi nasional begitu efektif?

Joey Siagian selaku Ketua Pelaksana Pelatnas di IESF sekaligus Wakil Ketua Pembinaan Atlet PBESI mengungkap rahasia pelatnas. "Rahasianya? Kita jago!" ungkap Joey singkat diiringi emote senyum terbawa suasana bangga pasca IESF.

Lanjutnya, pelatnas di IESF dan SEA Games Vietnam memang punya cara berbeda, namun titik pentingnya adalah kualitas pelatih serta penjaringan atlet-atlet potensial.

"Well, kalau mau jujur. Mau seleknas seperti apa, kunci utamanya sebenarnya di Pelatnas. Asal seleknas bisa mendapatkan atlet berpotensi, pelatnas yang benar pasti akan bisa membentuk atlet tersebut dengan baik. Dan faktor utama pelatnas yang baik adalah kehadiran pelatih yang berkualitas," tulisnya via WA kepada Esports.ID.

Di SEA Games Vietnam, Indonesia mendapatkan dua emas dari Free Fire dan PUBG Mobile. Di periode ini, pelatnas memilih metode mixed team yang menciptakan skuad all-stars seperti di roster MLBB dan PUBG Mobile. Sementara di IESF Bali, roster pelatnas mayoritas dipilih dari chemistry satu tim jadi tidak lagi campur-campur. 

Ajaib memang hasil pelatnas timnas esports. Maka dari itu, seperti apapun proses dan keputusannya, kita harus selalu dukung perwakilan kita di ajang internasional!