Terungkap, Rahasia ESL Bisa Konsisten Event Esports Spektakuler

Billy Rifki
24/07/2023 19:50 WIB
Terungkap, Rahasia ESL Bisa Konsisten Event Esports Spektakuler
esportsid interview

ESL sebagai event organizer esports dunia sedang giat merambah pasar Asia Tenggara. Indonesia, salah satu tujuan mereka sedang menggelar Smapdragon Pro Series MLBB Season 3. Event ini adalah turnamen MLBB pertama untuk ESL, sebelumnya mereka pernah menghelat ajang game lain di Indonesia.

Lebih dikenal sebagai organizer esports untuk platform PC atau konsol, rupanya mengelola acara kompetisi via smartphone punya tantangan tersendiri. Terlepas dari pengalaman mereka, ESL rupanya sangat serius menghadirkan kenyamanan bermain untuk player dan penonton yang datang ke venue playoffs, Istora Senayan.

Diungkap oleh Michael Kiefer selaku Senior Product Manager Mobile ESL, menyelenggarakan event mobile tidak bisa dibilang sulit, hanya saja tantangannya berbeda. "Aku rasa, memang sejarah perusahaan kami adalah menyelenggarakan event PC ya kan seperti Counter Strike, DOTA. Jadi transisi kita ke mobile awalnya memang penuh tantangan karena ini baru kan. Sejujurnya ngga terlalu banyak berbeda, cuma kita perlu dapat pengalaman dan melihat bagian mana yang butuh perhatian lebih," ujar Michael.

Lantas, apa rahasianya ESL bisa terus menghadirkan event esports spektakuler dan didambka-dambakan bukan cuma oleh atlet yang berpartisipasi, tapi juga penonton esports keseluruhan.

"Kerja keras", sambung Michael. "Dan orang-orang yang peduli tentang ini, orang-orang yang ingin memproduksi sesuatu yang menakjubkan, itu semua akan membuat ini lebih mudah,"

Komunitas esports di Indonesia sendiri pernah ada ujaran yang cukup menggelitik di awal-awal skena esports MLBB muncul. Esports event cuma valid bila diselenggarakan oleh ESL, begitu kira-kira. Michael yang mendengar hal itu merasa cukup bangga karena ia dan tim sudah mendapat hasil positif dari kerja kerasnya.

"Aku ingin orang-orang ketika pulang dari event ini lalu bertemu orang atau mungkin saat di sekolah mengatakan event kami luar biasa. Aku merasa bangga kalau ada yang berpikir seperti itu," tutupnya.