GoPay Midnight Sale Promo

Sempat Diblokir, Dua Negara Ini Kembali Buka Pintu Buat PUBG Mobile

Rendy Lim
23/09/2020 17:07 WIB
Sempat Diblokir, Dua Negara Ini Kembali Buka Pintu Buat PUBG Mobile
Meski banyak kontroversi, PUBG Mobile selalu bisa diterima balik kok di berbagai negara

Sejak pemerintah India mengambil langkah untuk memblokir game PUBG Mobile, tidak sedikit pemain di negara lain yang khawatir tindakan serupa terjadi di tempatnya. Sementara itu, PUBG Mobile merupakan salah satu game paling populer di India, bahkan turut berperan besar dalam membangun ekosistem hingga industri esports di sana. 

PUBG Corp sendiri telah melakukan pendekatan kepada pemerintah India untuk mengembalikan game tersebut. Apalagi mengingat India termasuk market terbesar untuk PUBG Mobile. India bukan negara yang pertama kali memblokir PUBG Mobile, sebelumnya Pakistan dan Nepal pernah melarang game battle royale ini. Meski tak berlangsung lama, kedua negara ini mencabut pemblokiran dan mengizinkan PUBG Mobile kembali dinikmati oleh masyarakat. 

Source: Sportskeeda

  • Pakistan

Negara yang bertetangga dengan India ini juga tak kalah soal kontroversi menyangkut PUBG Mobile. Pemerintahan Imran Khan memutuskan untuk memblokir PUBG Mobile pada Juli 2020 silam akibat dianggap memberikan dampak negatif kepada generasi muda. Tidak hanya itu, PUBG Mobile disebut game yang membuat waktu dan punya ancaman untuk merusak mental dan fisik anak-anak muda. 

Protes akhirnya dilakukan oleh anak-anak muda tersebut di beberapa bagian negara, menyuarakan pentingnya PUBG Mobile di kehidupan mereka hingga fakta bahwa game membantu dalam melakukan sosialisasi. Pemblokiran PUBGM akhirnya diangkat pada 30 Juli 2020 dan game ini kembali bisa dimainkan. 

  • Nepal

Pada April 2019, Nepal Telecommunications Authority (NTA) atau lembaga kewenangan komunikasi memutuskan untuk memblokir PUBG Mobile. NTA menyatakan kekhawatiran atas dampak buruk yang bisa menimpa generasi muda. Pemerintah juga mendukung dan menyebut game tersebut terlalu adiktif, terlebih ada ketakutan akan kekerasan yang terasosiasi dengan game ini. 

Namun, seminggu kemudian lembaga pengadilan memutuskan bahwa pemblokiran terhadap PUBG Mobile tidaklah masuk akal. Sebab game ini tidak merusak dan menjadi sarana untuk bersosialisasi sesama remaja. 

Indonesia juga pernah mengalami hal serupa di tahun lalu. Pasca terjadinya kasus terorisme di Selandia Baru, hadir isu untuk mengeluarkan fatwa haram bagi PUBG Mobile dan game sejenisnya. Meski sempat menjadi polemik, namun saat ini masyarakat Indonesia sudah bisa bermain PUBG Mobile ataupun game lainnya dengan tenang. Bagaimana pendapatmu Sobat Esports?