IES Ligagame

Ingin Menyerah? Ini Cara Gunakan Opsi Surender di Valorant

faizalkamill
05/08/2020 11:20 WIB
Ingin Menyerah? Ini Cara Gunakan Opsi Surender di Valorant
VALORANT

Setelah dirilis secara resmi bulan Juni lalu, VALORANT berhasil menegakkan namanya sebagai salah satu game yang populer belakangan ini.

Di layanan media stream seperti Twitch, VALORANT berhasil mencatatkan namanya menjadi salah satu kategori dengan jumlah penonton terbanyak, diikuti game besar lain seperti League of Legends dan Fortnite.

Keberhasilan dan pamor yang didapatkan oleh VALORANT didapatkan karena game ini menawarkan suasana game genre FPS (First Person Shooter) baru dengan berbagai keunikan di dalamnya.

Meski begitu, tentu saja masih banyak kekurangan yang ada di dalam game ini. Salah satu yang menjadi kritik bagi komunitas adalah tidak adanya opsi untuk melakukan surrender atau menyerah di dalam game.

Kita ambil contoh saja pada permainan mode unrated. Permainan membutuhkan 30-40 menit untuk menyelesaikan total 13 ronde untuk tim yang menang. Dalam keseluruhan 13 ronde tersebut bisa saja pertandingan berjalan menarik dengan jual beli serangan dan ronde yang menegangkan.

Namun apa yang terjadi apabila permainan sudah tidak mungkin dimenangkan dan para pemain sudah tidak lagi semangat untuk bermain?

Opsi yang dimiliki adalah selain bermain tanpa semangat yaitu keluar paksa dari game. Di opsi kedua, jika kalian keluar dari permainan yang sedang berlangsung kalian akan mendapatkan semacam penalti waktu sehingga kalian tidak bisa bermain setelahnya selama beberapa waktu.

Game lain seperti League of Legends memungkinkan para pemainnya untuk melakukan surrenderatau biasa dikenal dengan istilah 'FF' (Forfeit) di mulai dari 15 menit setelah pertandingan di mulai.

Mendengar komunitas yang semakin resah mengenai topik ini, Riot Games akhirnya mengadakan opsi untuk surrenderini sejak dari Patch 10.2 yang dirilis beberapa waktu lalu. Mereka juga mengatakan untuk berhenti mengirim spam tentang hal itu karena sekarang sudah mereka sediakan.

Berikut adalah caranya:

  • Untuk menyatakan kekalahan atau menyerah sendiri cara yang harus dilakukan adalah dengan cara mengetik "/ff", "Forfeit", "Concede", "Surrender" tanpa tanda kutip di dalam kolom chat.
  • Untuk membuka kolom chat kalian hanya perlu menekan tombol enter.Lalu, pilihan untuk menyerah akan muncul di layar monitormu.Rekan tim mu bisa merespon dengan menjawab "/yes" untuk setuju dan "/no" untuk menggagalkan proses menyerah atau bisa dengan menggunakan tombol F5 untuk setuju dan F6 untuk tidak setuju.
  • Saat ini perintah untuk melakukan surrender sudah bisa lebih mudah. Kamu bisa membuka menu settings lalu kamu bisa klik tombol surrender yang ada di bagian bawah menu.

Jika kamu mengetikkan perintah untuk menyerah saat game berlangsung maka perintahnya akan muncul di ronde setelahnya, namun jika kamu mengetikkan perintahnya di saat buying phase maka opsinya akan segera muncul.

Surrender dapat dilakukan ketika permainan masuk ke ronde kelima. Untuk mode Unrated, tingkat partisipasi yang dibutuhkan untuk menyerah yaitu 80% artinya kalian hanya membutuhkan 4 "yes" untuk bisa menyerah. Sedangkan untuk mode Competitive, tetap dibutuhkan 100% partisipasi atau seluruh tim bersedia untuk menyerah.

Jika tim mu memutuskan untuk menyerah, tim yang menang akan mendapatkan 13 ronde kemenangan dan experience untuk setiap rondenya. Penulis berharap kamu tidak perlu menggunakan opsi surrender ini.

Tapi apabila permainan terlalu sukar ataupun sudah tidak mungkin lagi untuk menang menyerah bukanlah pilihan yang buruk, Sobat Esports juga bisa menghemat banyak waktu karenanya.