Eksibisi PON Esports

TSM Pecat LunarKats dari Tim Valorant Akibat Kasus Pelecehan

Fikri Fuaddy
22/03/2021 14:18 WIB
TSM Pecat LunarKats dari Tim Valorant Akibat Kasus Pelecehan
TSM

TSM memutuskan melakukan pemecatan terhadap Katherine 'LunarKats' So yang merupakan satu dari lima anggota divisi wanita Valorant yang bergabung dengan TSM pada 17 Maret lalu. Hanya beberapa hari setelah tekan kontrak yang dilakukan, TSM melakukan pemecatan atas dugaan klaim pelecehan yang terjadi pada bulan Agustus 2020 lalu.

Tim tersebut bertanding di turnamen VCT Game Changers, dan lolos ke event akhir pekan depan. Namun, hanya tiga hari setelah peresmian tim, TSM harus mencari anggota kelima setelah memecat LunarKats. “Hari ini kami sepakat untuk berpisah dengan LunarKats. Kami sedang mencari pengganti untuk menghindari penarikan dari VCT Game Changers Series," tulis pernyataan resmi TSM.

Yamisok Nobar

Informasi seputar pemecatan LunarKats menimbulkan kecurigaan. Begitu juga dalam streamingnya, LunarKats tiba-tiba mengakhiri siaran ketika pengumuman itu diterbitkan. “Teman-teman, aku harus melakukan sesuatu. Aku akan kembali mungkin nanti, tapi aku harus menghentikan streaming,” katanya dalam live streamingnya, pada 20 Maret.

Perpisahan LunarKats dari TSM diduga terkait dengan klaim pelecehan yang dilontarkan terhadapnya pada Agustus 2020. Saat itu, streamer Twitch 'Haleigh' menuduh LunarKats melakukan pelecehan dan berbohong tentang dirinya kepada para penggemarnya. Dikarenakan tuduhan viewbotting untuk bergabung dengan SoaR Gaming, yang dibantah Haleigh.

Dia juga memposting tangkapan layar LunarKats yang melecehkannya di kolom komentar Twitch. “Bayangkan betapa cemburu dan jahatnya Anda sampai harus berkeliling memberi tahu orang-orang bahwa saya melakukan viewbot untuk masuk ke SoaR,” katanya.

Saya mulai streaming di Twitch sebagai jalan keluar untuk apa yang terjadi dalam kehidupan pribadi dan kesehatan mental saya. Saya tidak pernah mulai hanya untuk menghasilkan uang atau mendapatkan banyak penonton dan ‘influence’. Saya benar-benar memiliki niat yang murni dan masih melakukannya dan saya akan selalu melakukannya.” Lanjutnya.