Buntut Kasus Pelecehan, Pro Valorant Sinatraa Diskors 6 Bulan!

faizalkamill
18/05/2021 16:20 WIB
Buntut Kasus Pelecehan, Pro Valorant Sinatraa Diskors 6 Bulan!
Jay "Sinatraa" Won/Blizzard Entertainment

Beberapa waktu lalu jagat Valorant Esports Amerika Utara sempat dihebohkan dengan tuduhan kasus pelecehan seksual yang dilakukan salah satu pemain profesional ternama yaitu Jay “Sinatraa” Won. Tuduhan tersebut datang dari mantan kekasihnya. Tepat setelah berita tersebut meluap, tim Sentinels selaku organisasi yang menaungi Sinatraa dan juga pihak Valorant Esports melakukan investigasi resmi terkait hal ini.

Beberapa bulan sudah kasus tersebut bergulir. Pemain yang bersangkutan mendapatkan larangan bermain selama proses investigasi dilakukan. Posisinya di tim Valorant Sentinels sementara digantikan oleh TenZ yang dipinjam dari Cloud9. Melalui pengumuman Riot Games yang diumumkan hari ini (18/05), diputuskan bahwa Jay “Sinatraa” Won akan mendapatkan hukuman berupa skorsing selama 6 bulan dari dunia Valorant Esports.

Keputusan ini diambil setelah Sinatraa dikatakan gagal untuk berkooperasi selama investigasi dilakukan. Sinatraa melanggar kebijakan kompetisi global Valorant nomor 8.1 yang berisi tentang kooperasi dalam investigasi yang dilakukan oleh pihak penyelenggara turnamen. "Meskipun penyelidikan tidak sampai pada kesimpulan yang pasti atas tuduhan yang dilayangkan, tim penyelenggara kompetisi sangat menyayangkan perilaku Sinatraa selama penyelidikan,” ucap Riot.

Jay "Sinatraa" Won/Valorant Esports

Riot mengklaim bahwa selama penyelidikan atas kasusnya, Sinatraa sempat menyalah artikan fakta dan membuat pernyataan palsu pada dua kesempatan. Selain itu, meskipun Sinatraa sempat menjanjikan untuk memberikan bukti audio dan video lengkap yang dirujuk dalam tuduhan pertama, konteks lengkapnya tidak pernah diberikan baik oleh Sinatraa ataupun relasinya. "Kerja sama dalam penyelidikan ini adalah hal yang paling penting, terutama ketika sifat tuduhan itu seserius pelecehan seksual," kata Riot.

Waktu penangguhan Sinatraa dimulai pada 10 Maret 2021 kemarin dan akan berakhir pada 10 September 2021 nanti. Investigasi dari pihak Riot sudah resmi selesai namun investigasi selanjutnya akan dilakukan oleh pihak penegak hukum setelah bukti-bukti dan kesaksian yang diberikan oleh mantan kekasih Sinatraa, Cle0h. Selain itu, Riot mengatakan bahwa sebelum benar-benar bisa kembali berkompetisi, Sinatraa nantinya harus melewati beberapa tes perilaku profesional untuk mendapatkan izin untuk kembali berkompetisi di Valorant. Bagaimana pendapatmu Sobat Esports?