Esports

Cara Menggunakan KAY/O, Agent Inisiator Terbaru Valorant!

faizalkamill
21/06/2021 17:00 WIB
Cara Menggunakan KAY/O, Agent Inisiator Terbaru Valorant!
KAY/O sumber: Riot Games

KAY/O merupakan Agent Ke-16 Valorant yang akan segera dirilis pada awal Act 3 episode 1, 22 Juni besok. Dari kisahnya, KAY/O merupakan robot tempur yang memiliki tujuan untuk memberantas para Radiants. Oleh karena itu, KAY/O dilengkapi dengan seperangkat kemampuan mematikan yang bisa digunakan untuk mencapai tujuannya.

Dari video trailer yang dirilis oleh Riot Games terlihat bahwa KAY/O termasuk ke dalam tipe Agent inisiator. Ini disebabkan karena KAY/O memiliki banyak kemampuan yang bisa digunakan untuk membuka pertarungan. KAY/O dilengkapi flash, granat, revive, hingga kemampuan menonaktifkan skill lawan. Robot ini sangat baik untuk melawan strategi post-plant ataupun membuka pertarungan.

Yamisok Nobar

Bagaimana Cara Bermain KAY/O?

Kemampuan yang dimiliki oleh KAY/O sebenarnya tidak begitu rumit. Beberapa kemampuannya seperti flash, granat, dan revive bukanlah hal yang baru di Valorant.

FLASH/drive (Q) bisa digunakan untuk membutakan lawan yang berada di area. Kemampuan ini sangat bagus ketika tim ingin membuka sebuah area sebelum memasukinya. Lawan yang tidak siap bisa dihukum dengan mudah sebab pandangannya akan terganggu. Flash ini juga sangat baik untuk mengecek sudut-sudut berbahaya yang kemungkinan besar dijaga lawan.

Riot Games

FRAG/ment (C) merupakan sebuah granat yang akan meledak beberapa kali ketika dijatuhkan. Ledakan ini akan menciptakan damage yang cukup besar kepada lawan. Kemampuan ini sudah cukup familiar di kalangan para pemain sebab banyak yang serupa  seperti Nanoswarm milik Killjoy atau Hot Hands milik Phoenix. FRAG/ment bisa digunakan untuk strategi post-plant karena dapat mencegah lawan untuk menjinakkan Spike.

Hal yang menarik dari Agent yang satu ini adalah kemampuannya untuk menonaktifkan kemampuan lawan dalam waktu singkat. Dengan ZERO/point dan NULL/cmd (Ultimate), KAY/O bisa dengan mudah melucuti kemampuan lawan. Efek ini hanya berlangsung singkat namun sangat bermanfaat jika berhasil dieksekusi dengan baik. Kemampuan ini sangat baik untuk membuka pertarungan ataupun strategi overtake ketika post-plant. Area penonaktifan dari ZERO/point cukup luas dan NULL/cmd lebih luas lagi, bahkan memungkinkan kemampuan ini untuk mengubah meta Agent yang ada saat ini.

Riot Games

Selain efek tersebut, ketika KAY/O mengaktifkan NULL/cmd dia juga akan mendapatkan tambahan combat stim yang membuat fire ratenya menjadi sangat tinggi, mirip dengan ultimate Reyna. Jika KAY/O terbunuh ketika sedang dalam ultimatenya, dia bisa dihidupkan kembali oleh rekan tim atau bisa mati jika lawan berhasil menembaki jasad KAY/O dengan total 850 damage.

Hadirnya KAY/O ke jajaran para Agent dipastikan akan mengubah meta yang ada terutama kemampuan disabling skill yang dimilikinya. KAY/O bisa menjadi inisiator yang kuat jika berhasil dimanfaatkan dengan baik. 

Riot Games

Ada kemampuan lain yang bisa dilakukan oleh KAY/O namun Agent inisiator lain tidak, yaitu entry frag. Agent seperti Breach, Skye, dan Sova biasanya tidak digunakan sebagai entry fragger karena kemampuannya yang kurang mumpuni untuk hal ini, namun KAY/O bisa. Ketika ultimate nya siap, KAY/O bisa menjadi seorang entry fragger sebab dia bisa hidup kembali jika ditumbangkan lawan. Tentu saja strategi ini butuh dukungan yang baik dari rekan tim lainnya.

Sebaliknya, sebagai tim bertahan, KAY/O bisa jadi Agent yang sangat kokoh. Jika sebuah site diserang, KAY/O dapat menghambat para lawan dengan granat dan flash miliknya sampai rekan tim berotasi. Jikapun tim lawan sudah terlanjur memasang Spike, KAY/O dapat melakukan overtake dengan ultimatenya dan membuka site karena memiliki “nyawa kedua”.

Riot Games

Untuk komposisi tim sepertinya KAY/O akan dengan mudah masuk ke dalam meta sebagai insiator utama. KAY/O dapat menggantikan posisi Sova ataupun Breach dalam tim. Kombo antara KAY/O dan Astra juga diharapkan akan hadir ke dalam game. Astra dapat menarik lawan dengan Gravity Well dan KAY/O bisa mengaktifkan granat ledak FRAG/ment di atasnya menjadikan kombo ini menjadi mematikan. KAY/O juga bisa bersinergi baik dengan Agent lain sebab kemampuannya yang cukup lengkap dan fleksibel.

KAY/O dapat segera dimainkan pada 22 Juni 2021 nanti di awal Act 3 episode 1 bersamaan dengan Battle Pass dan juga beberapa penyesuaian pada Agent. Bagaimana pendapatmu Sobat Esports, tertarik memainkan Agent yang satu ini?