Yamaha Desember

Patahkan Ekspektasi, Acend Juarai Valorant Champions 2021

faizalkamill
13/12/2021 12:20 WIB
Patahkan Ekspektasi, Acend Juarai Valorant Champions 2021
VCT 2021

Kejuaraan dunia pertama Valorant akhirnya rampung. Acend keluar sebagai juara setelah berhasil memenangkan laga grand final menghadapi Gambit Esports. Acend berhasil unggul lewat comeback manis di map kelima dan membuat tim ini mencetak sejarah pertama di kejuaraan dunia Valorant. Selain mengangkat trofi Champions, Acend juga dihadiahi uang tunai sebesar 350 ribu USD atau sekitar 5 miliar Rupiah.

Perjalanan Acend Valorant menuju trofi juara tidaklah mudah. Mereka harus menghadapi banyak rintangan serta masalah internal tentang konsistensi permainan. Memasuki babak grand final menghadapi Gambit Esports, Acend diprediksikan akan kalah tipis atas juara Masters Berlin tersebut. Meski begitu, cNed dan kawan-kawan berhasil menepis opini tersebut dan membuktikan potensinya.

Taiwan Ecellence - Article Banner

Grand final Valorant Champions 2021

Dalam series best of five super sengit kemarin, Gambit berhasil menang di map pertama di Breeze dengan skor tipis 13-11. Permainan defensif Gambit yang ciamik berhasil membuat lini serang Acend tak berkutik.

Acend pada akhirnya memiliki kesempatan untuk membalas dendam di map kedua di Ascent. Berhasil unggul di ronde-ronde pertama, Acend mengumpulkan poin 7-5 memasuki babak kedua. Di babak kedua Gambit Esports kesulitan menembus pertahanan Acend yang kokoh. Mereka hanya menambah 2 poin dan mengakhiri map dengan skor 13-7 bagi kemenangan Acend.

Map ketiga di Fracture yang menjadi penentuan match point diungguli oleh Gambit. Pemahaman yang lebih baik mengenai map baru ini membuat Gambit leluasa bermain di Fracture. Di map ini Acend tidak berkutik sama sekali dan mengakhiri map dengan skor 13-3 dan game point bagi Gambit.


Di map keempat, Icebox, Acend mendapatkan keunggulan di awal-awal ronde mengakhiri babak pertama dengan skor 7-5. Memasuki babak kedua, Gambit menyamakan skor sebagai sisi bertahan untuk menempatkan laga ke babak overtime. Acend memenangkan babak overtime setelah permainan agresif mereka dengan menumbangkan para pemain Gambit satu per satu. Acend memenangkan map Icebox dan menempatkan series pada laga pamungkas map kelima yang dimainkan di Split.

Di map penentuan map kelima Acend berhasil memulai keunggulan mereka dengan mendapatkan skor 7-5 sebagai sisi bertahan di Split. Jalan kemenangan kemudian terbuka lebar bagi Acend setelah mereka berhasil memenangkan ronde pistol di babak kedua. Setelah itu Acend tidak memberi ruang bagi Gambit untuk comeback dan mengakhiri map dengan skor 13-8.

Trofi Champions 2021

Map kelima di Split tersebut mengakhiri rangkaian Valorant Champions Tour 2021 yang sudah digelar selama satu tahun lamanya. Dari berbagai rangkaian turnamen yang ada, Acend berhasil keluar sebagai sang juara dunia pertama. Tidak banyak yang menyangka mereka akan melaju sejauh ini setelah performa di babak grup yang kurang maksimal. Meski begitu, bisa kita lihat bagaimana setiap pemain berhasil meningkatkan permainan mereka hingga akhirnya berhasil mengangkat trofi Champions 2021. Bagaimana pendapatmu Sobat Esports?