Mengukur Kekuatan Tim di Valorant Champions Berlin 2021

faizalkamill
01/12/2021 13:00 WIB
Mengukur Kekuatan Tim di Valorant Champions Berlin 2021
Valorant Champions/VCT 2021

Gelaran Valorant Champions Berlin 2021 kini sudah di depan mata. 16 tim akan menampilkan permainan terbaik mereka di mata dunia untuk memperebutkan gelar juara dunia Valorant yang pertama. Valorant Champions pertama ini diikuti oleh tim-tim terbaik dari berbagai wilayah yang ada. Meskipun dikatakan sebagai yang terbaik di wilayahnya, nanti dikompetisi ini klaim mereka sekali lagi harus dibuktikan.

Dalam artikel ini kami akan mengukur kekuatan dari masing-masing peserta Valorant Champions 2021. Penilaian ini dilihat dari performa historis tim, level kompetisi wilayah, dan skill individual para pemain. Kami akan membaginya menjadi 4 grup. Berikut adalah hasilnya.

Yamisok Nobar

VCT 2021

Favorit Juara: Gambit, Sentinels, Team Liquid, Team Envy

Daftar ini dimulai dengan tim yang menurut kami merupakan favorit juara. Terdapat Gambit Esports, Sentinels, Team Liquid, dan Team Envy. Selama Valorant Champions Tour 2021 mungkin nama-nama tim di atas sudah tidak asing lagi terdengar sebab mereka merupakan peraih gelar juara di beberapa turnamen internasional. Gambit dan Sentinels sendiri berhasil memenangkan Masters 1 & 2.

Gambit Esports Valorant

Saat ini Gambit merupakan tim Valorant terbaik di Eropa. Mereka mendapatkan titel ini setelah berhasil melibas seluruh kompetitornya di Valorant Masters Berlin lalu. Team Liquid yang merupakan rekan regionnya berada di balik bayangan Gambit setelah rebuild roster mereka meloloskan Team Liquid ke Valorant Champions lewat last chance qualifier.

Sentinels Valorant

Lalu kemudian kita juga harus membahas rajanya North America yaitu Sentinels. Sepanjang tahun 2021 Sentinels merupakan tim yang sangat ditakuti di skema Valorant esports dunia. Kemampuan strategis dan individual tingkat dewa yang dimiliki para pemain menjadi alasan mengapa Sentinels merupakan tim favorit juara di turnamen ini. Mereka juga berhasil memenangkan Masters 1 NA dan Masters Reykjavik. Team Envy yang merupakan tim nomor 2 dari NA juga dipertimbangkan sebagai salah satu favorit juara sebab performa mereka di Masters Berlin lalu masih hangat diingatan setelah mereka memulangkan 100 Thieves dan Sentinels di babak playoffs. Keempat tim ini memiliki potensi yang sangat kuat untuk menjadi top 4 tim di Valorant Champions 2021.

Penantang Kuat: Vision Strikers, Cloud9 Blue, Acend, Fnatic

Daftar selanjutnya adalah daftar tim penantang kuat terdiri dari Vision Strikers, C9 Blue, Acend, dan Fnatic. Vision Strikers yang digadang-gadang menjadi tim kelas dunia masih belum berhasil menampilkan performa terbaik mereka secara internasional. Tim yang sebelumnya memiliki 100 winstrike ini tampil kurang cemerlang di gelaran Masters Berlin. Mereka harus kalah di quarter final atas Gambit Esports setelah melewati babak grup yang terjal pula. Meski begitu, Vision Strikers masih dianggap sebagai penantang kuat memasuki Champions nanti sebab mereka memiliki talenta kuat yang siap melibas lawan-lawannya.

VS Valorant

Selanjutnya adalah Cloud9 Blue. C9 Blue merupakan tim ketiga dari NA yang masuk ke turnamen ini. Performa C9 Blue sebagai tim berhasil meningkat setelah mereka mendatangkan Vanity dari Version1 untuk menjadi IGL. Mengalahkan tim top NA lainnya seperti 100 Thieves dan Rise, C9 Blue diprediksikan akan menjadi lawan yang cukup berat di turnamen ini.

Acend Valorant

Acend merupakan tim top Eropa yang namanya seringkali terdengar di turnamen internasional. Meskipun tampil kurang prima di Masters Berlin, Acend diprediksikan akan menjadi salah satu penantang kuat di Champions nanti apalagi mereka masuk ke grup yang relatif mudah.

Tim terakhir di daftar ini adalah Fnatic. Sang runner-up Masters Reykjavik ini merupakan salah satu tim Valorant paling populer yang ada di dunia. Capaian terbaik mereka merupakan menjadi runner-up di Masters Reykjavik. Meski begitu, kini mereka menargetkan capaian yang lebih tinggi lagi.

Tim Potensial: Crazy Racoon, KRU Esports, Keyd Stars, Team Secret

Meskipun tidak sekuat dua daftar di atas, tim di daftar ini merupakan tim-tim dari region wild card yang memiliki potensi untuk menjadi tim yang kuat. Tim pertama adalah Crazy Racoon dari Jepang. Crazy Racoon berhasil menjadi pemenang Masters 1 Jepang dan menjadi peserta di Masters Reykjavik dan Berlin. Meski begitu, performa internasional mereka belum sekuat performa regionalnya. Tim ini memiliki potensi untuk menjatuhkan tim-tim kuat. Mereka hanya perlu kesempatan untuk membuktikannya.

Crazy Racoon Valorant

Hampir sama dengan Crazy Racoon tim KRU Esports juga berada di posisi yang sama. Mengikuti seluruh gelaran Masters namun belum berhasil mengakhirnya dengan sebuah kesuksesan. Progres dari tim KRU Esports akan dibuktikan di grup B Valorant Champions nanti.

Keyd Stars

Keyd Stars mendapatkan tempatnya sebagai salah satu tim penuh potensi setelah menampilkan performa yang cukup baik di Masters Berlin lalu. Mereka berhasil mengalahkan ZETA Division meski pada akhirnya harus dipulangkan oleh KRU Esports.

Terakhir di daftar ini adalah Team Secret. Setelah beberapa bulan lalu gagal mengikuti Masters Berlin, Team Secret akhirnya mendapatkan hak mereka untuk bertanding di level internasional. Masih belum diketahui bagaimana mereka akan berkompetisi dengan tim top lainnya namun tim asal Filipina ini diharapkan dapat memberikan perlawanan kuat.

Tim Underdog: Full Sense, X10 Crit, Team Vikings, FURIA

Menutup daftar ini kami memasukan 4 tim terakhir ke dalam tim underdog. Tim underdog merupakan tim-tim dengan potensial tinggi namun masih belum memiliki bukti. Tim pertama di daftar ini adalah Full Sense. Tim asal Thailand tersebut menjadi pemenang APAC LCQ setelah mengalahkan tim-tim seperti Nuturn dan Damwon Gaming. Full Sense masih belum memiliki track record turnamen internasional maka wajib kita nantikan debut mereka.

X10 Crit Valorant

X10 Crit atau yang sebelumnya dikenal dengan nama X10 Esports merupakan tim Valorant asal Thailand. Tampil di Reykjavik, X10 menjadi salah satu tim Asia yang kekuatannya cukup dipertimbangkan. Mampukah mereka menjadi tim Asia terbaik di turnamen Champions nanti? Kita tunggu saja.

Team Vikings merupakan tim kuat dari Brazil yang berhasil memenangkan Masters 1 dan hadir di Masters Reykjavik. Di grup C nanti Vikings memiliki kesempatan untuk lolos jika mereka bisa menang atas Crazy Racoon dan Team Secret untuk memperebutkan posisi kedua grup.

Tim terakhir di daftar ini adalah FURIA, tim ketiga dari Brazil yang lolos dari South American LCQ. Perjalanan FURIA di Champions nanti akan jadi cukup berat sebab mereka dipertemukan dengan tim-tim besar seperti Sentinels, Liquid, dan KRU Esports. Meski tim ini tidak memiliki ekspektasi yang tinggi, kisah perjalanan tim underdog pasti sangat seru untuk diikuti.

Tadi adalah penjelasan kekuatan para tim yang akan bertanding di Valorant Champions Berlin 2021. Gelaran Champions Berlin akan segera dimulai pada Rabu (01/12) esok dimulai dengan laga antara Vision Strikers menghadapi Full Sense di grup D. Bagaimana pendapatmu Sobat Esports?