Pengembang Anti-Cheat Valorant Tawarkan Bantuan ke CS:GO

Dandesignlab
03/01/2022 17:25 WIB
Pengembang Anti-Cheat Valorant Tawarkan Bantuan ke CS:GO
Sistem Anti-Cheat Vanguard

Perkembangan industri game hingga esports sudah semakin besar setiap tahunnya. Berbagai pihak berusaha sebaik mungkin untuk menghadirkan ekosistem permainan terbaik bagi para penggemarnya. Berbagai genre game esports seperti FPS, MOBA, hingga Battle Royale mengisi berbagai platform permainan, baik dari PC, konsol hingga mobile. Dari sekian banyak judul yang populer, salah satu game yang masih banyak dimainkan saat ini adalah Counter Strike: Global Offensive (CS:GO). Game besutan Valve ini punya penggemar sendiri yang bertahan dari masa ke masa, namun juga masalah yang melekat. 

CSGO cukup sering mendapat kritik dari penggemar tentang berbagai tipe cheat atau tindak kecurangan yang terjadi di dalam game tersebut. Tidak hanya mode kasual, kecurangan bahkan pernah terjadi pada turnamen atau kompetisi resmi. Valve sebagai pengembang game CSGO memang tak diam dalam memberantas tindakan tak terpuji ini. Namun, baru-baru ini ada pihak yang menawarkan bantuan ke Valve untuk membasmi cheater.

Nemanja Mulasmajic yang sebelumnya telah mengembangkan program Anti-Cheat untuk Riot Games seperti Anti-Cheat Vanguard Valorant hingga Activision-Blizzard. Dirinya menghubungi pihak Valve untuk menawarkan bantuan memerangi para Cheater. Percakapan tersebut terangkat melalui cuitan pengembang Valve, John McDonald yang mengatakan bahwa kecurangan pada game online akan selalu menjadi masalah yang menyebar disemua game kompetitif.

Walaupun hasil dari percakapan tersebut belum terungkap, tetapi para penggemar CSGO tahu bahwa Valve bisa mengandalkan semua bantuan yang bisa didapat untuk memberantas cheater. Jika Mulasmajic atau perusahaannya, Byfron Technologies, bergabung dengan Valve, mereka dapat membantu mengembangkan teknologi baru untuk membasmi kecurangan di CSGO.

Namun, tak mudah untuk memberantas cheater dalam skala besar, perusahaan pembasmi cheater harus merahasiakan metode yang digunakan. Jika peretas telah mengetahui metode penangkal yang digunakan , hal tersebut akan membuat mereka lebih mudah untuk mengembangkan jalur peretas lainnya. 

Apakah Valve akan menerima tawaran dari sang mantan pengembang Riot Games tersebut untuk menciptakan program anti-cheat yang efektif untuk CSGO? Kita tunggu saja kabar resminya yah Sobat Esports, semoga setelah ini kasus kecurangan di CS:GO bisa berkurang.