Pemula di Valorant? Simak Tips Untuk Setiap Role Agent

faizalkamill
08/02/2022 16:00 WIB
Pemula di Valorant? Simak Tips Untuk Setiap Role Agent
VALORANT

Game FPS taktis Valorant kini memiliki total 18 Agent yang bisa dimainkan. Dari banyaknya Agent tersebut terkadang para pemain sedikit kebingungan tentang Agent mana yang harus dipilih yang sesuai dengan gaya bermain mereka. Dalam artikel ini kami akan membahas tentang setiap kelas Agent di Valorant yang diharapkan bisa membantumu memilih sesuai dengan gaya bermainmu.

Setelah dirilis hampir dua tahun yang lalu, Valorant kini mulai populer di kalangan gamer, streamer, hingga para pemain profesional. Kepopulerannya ini terjadi karena Valorant memadukan permainan FPS yang seru dengan fitur Agent yang unik. Di game ini bukan hanya skill menembak yang menjadi kunci utama namun juga bagaimana penggunaan skill Agent dan kerja sama tim menjadi peran penting untuk memenangkan setiap pertandingan.

VALORANT

Setiap Agent di Valorant memiliki kemampuan unik masing-masing. Kini Valorant sudah memiliki total 18 Agent yang bisa dimainkan. Para Agent ini terbagi ke dalam 4 kelas yaitu Duelist, Controller, Sentinel, dan Inisiator. Apa saja peran mereka? Berikut adalah penjelasannya.

Valorant

Duelist

Seperti namanya, Duelist memiliki peran untuk melakukan duel. Mereka adalah orang terdepan dalam pertarungan yang memiliki peran sebagai genderang perang. Agent yang masuk ke dalam kelas Duelist adalah Jett, Reyna, Phoenix, Raze, Yoru, dan Neon. Masing-masing Agent tersebut memiliki kemampuan khas yang membutuhkan agresivitas dalam bermain untuk memaksimalkannya. Misal Jett dan Neon memiliki skill dash & sprint yang bisa digunakan untuk masuk atau keluar dari pertarungan. Phoenix, Reyna, dan Yoru memiliki kemampuan untuk membutakan lawan. Sedangkan Raze memiliki kemampuan mematikan dengan granat dan roket penghancurnya.

Valorant

Jika tipe bermain kalian adalah agresif dan suka masuk pertama ke medan perang, maka Agent di kelas Duelist merupakan Agent yang paling sesuai. Banyak profesional juga mengatakan bahwa Duelist merupakan kelas Agent paling menyenangkan karena memiliki kemungkinan untuk mendapatkan kill yang banyak.

Valorant

Controller

Kelas kedua adalah Controller. Sesuai namanya, Agent di kelas ini memiliki peran sebagai pengontrol jalannya permainan. Normalnya Agent di kelas ini memiliki kemampuan untuk memanipulasi penglihatan lawan lewat smoke atau blind yang mereka miliki. Biasanya Controller juga memiliki kemampuan yang bisa mengakses wilayah secara luas. Peran mereka dalam tim cukup penting sebab mereka bisa membantu tim untuk membuka site dengan mudah atau bisa juga sebagai cara untuk menyulitkan lawan masuk ke dalam site.

Valorant

Agent di kelas ini antara lain Viper, Omen, Brimstone, dan Astra. Keempat Agent ini memiliki smoke yang bisa dipasang di sepanjang map. Dengan smokenya, mereka bisa menutup beberapa bagian krusial dalam map sehingga lawan tidak bisa mendapatkan informasi tentang apa yang terjadi di bagian lain smoke tersebut. Tipe Controller sangat cocok digunakan jika kalian memiliki gaya bermain yang lebih aman dan senang untuk bekerja sama dengan tim.

Valorant

Controller juga memiliki peran penting untuk memenangkan setiap ronde jika berhasil menyulitkan lawan dengan kemampuan-kemampuan yang dimiliki. Jika kalian memiliki gaya bermain seperti ini, maka Agent kelas Controller merupakan Agent yang cocok.

Valorant

Sentinel

Agent kelas Sentinel ditujukan untuk para pemain yang suka bermain defensif. Agent Sentinel biasanya dibekali dengan berbagai kemampuan defensif yang bisa digunakan untuk menghadang lawan atau mempertahankan site. Agent di kelas ini yaitu Killjoy, Sage, Cypher, dan Chamber. Kemampuan keempat Agent ini memang relatif berbeda namun kesamaan yang mereka miliki adalah kebermanfaatan mereka terhadap rekan tim. Sage bisa memberikan heal dan revive untuk rekan tim sedangkan Cypher dan Killjoy bisa mempertahankan site sendirian dengan kit bertahan yang dimiliki. Chamber sendiri merupakan seorang ahli senjata dan sniper ulung yang bisa menjadi tumpuan rekan timnya.

Valorant

Agent tipe ini akan bekerja sempurna di dalam lingkungan tim yang baik. Mereka bisa memberikan informasi atau memperlambat pergerakan lawan dengan baik. Jika kalian senang bermain defensif dan kerja sama tim untuk menang, maka Agent ini cocok untuk kalian.

Cosplay Sova oleh Skyyart/Valorant

Inisiator

Kelas Agent yang terakhir adalah Inisiator. Agent Inisiator memiliki peran utama sebagai pengumpul informasi dengan kemampuan yang mereka miliki. Mereka juga memiliki peran untuk memastikan bahwa setiap sudut krusial sudah aman dari lawan. Namun begitu, terkadang cukup sulit untuk menguasai Agent di kelas ini karena kemampuan mereka membutuhkan presisi tingkat tinggi untuk mendapatkan hasil yang optimal misalnya penggunaan Recon Dart Sova yang cukup rumit. Agent di kelas ini antara lain KAY/O, Sova, Skye, dan Breach.

Valorant

Para Inisiator biasanya bergerak di belakang Duelist. Mereka menyediakan informasi tentang dimana saja lawan berada dan sebisa mungkin melumpuhkan mereka. Duelist tidak bisa tiba-tiba masuk ke dalam site tanpa informasi yang jelas. Mereka bisa mudah tertangkap dan mati sia-sia. Disinilah peran seorang inisiator sangat dibutuhkan. Ketika tim dibutakan dengan strategi lawan, Inisiator hadir sebagai lentera yang mencerahkan. Jika gaya bermainmu senang bermain bersama tim dan memiliki presisi tinggi, maka Agent Inisiator cocok untuk dimainkan.

Tadi adalah keempat kelas Agent yang ada di Valorant beserta perannya. Setelah membaca artikel ini pastikan untuk memilih Agent yang sesuai dengan gaya bermain mu. Bagaimana pendapatmu Sobat Esports?