Tingkat Kasus Smurfing di VALORANT Menurun, Teknik Riot Efektif?

Dandesignlab
22/12/2022 15:00 WIB
Tingkat Kasus Smurfing di VALORANT Menurun, Teknik Riot Efektif?
Riot Games

Riot Games telah melaporkan bahwa tingkat kasus smurfing di VALORANT telah menurun sekitar 17% pasca pembaruan sistem anyarnya yang dikembangkan baru-baru ini. Riot mengklaim bahwa sistemnya telah mendeteksi sekitar 50% akun smurfing.

@Valorantindonesia

"Secara keseluruhan, jumlah smurf turun ~17% dibandingkan awal tahun, dan smurf yang baru dibuat mendapatkan MMR yang "benar" 2–3 kali lebih cepat. Lebih banyak perbaikan dan penambahan direncanakan pada tahun 2023!"

"Dengan hasil awal yang sangat positif ini, kami memutuskan untuk memperluas deteksi smurf otomatis secara global melalui satu eksperimen terakhir di mana kami sekali lagi mengizinkan deteksi smurf untuk menyesuaikan 50% MMR smurf yang terdeteksi, sementara membiarkan 50% lainnya sepanjang Agustus. Sepanjang pengujian, kami melihat peningkatan serupa dalam persentase kecocokan stomp."

"Tim Ops Data VALORANT kami berfokus pada pemanfaatan data dan pembelajaran mesin untuk membuat game ini lebih menyenangkan bagi para pemain. Dengan Deteksi Smurf Otomatis, tujuan utamanya adalah menggunakan data untuk menempatkan akun smurf dalam MMR mereka yang benar secepat mungkin, secara dramatis mengurangi jumlah permainan di mana pemain mengalami pertandingan yang tidak adil. Untuk menguji pendeteksian kami, tim melakukan pengujian di Amerika Utara ( di Patch 5.01 ) untuk memvalidasi bahwa kami dapat mengidentifikasi akun smurf secara akurat dan berhasil meningkatkan MMR mereka sedekat mungkin dengan akun utama mereka." ungkap Brian Chang selaku Insights Manager Riot Games.

Dengan adanya laporan ini tentunya sangat positif bagi ekosistem VALORANT. Topik smurfing atau joki akun telah menjadi isu hangat yang selalu di perbincangkan sebagai kasus umum pada game kompetitif.

Tak hanya merugikan player lain saja, smurfing juga akan berimbas kepada pemilik asli akun dengan adanya kesenjangan skill di level yang berbeda. VALORANT saat ini terus mengasah sistem pendeteksi smurf nya untuk membuat player lebih nyaman ketika melakukan matchmaking.