Didominasi Gen Z, Inilah Jumlah Pemain VALORANT di Tahun 2023!

faizalkamill
14/10/2023 17:00 WIB
Didominasi Gen Z, Inilah Jumlah Pemain VALORANT di Tahun 2023!
VALORANT

VALORANT telah menjadi salah satu game FPS paling populer di dunia sejak dirilis pada tahun 2020 lalu. Popularitasnya semakin meningkat seiring berjalannya waktu dengan jumlah pemain yang semakin bertambah. Namun, berapakah jumlah pemain VALORANT secara keseluruhan di tahun 2023?

Dilansir dari sebuah artikel oleh Bloomberg, VALORANT didominasi oleh para pemain yang merupakan bagian dari Generation Z atau Gen Z dengan total hingga sebanyak 70%. Sehingga tidak heran jika Riot membuat game dan promosi yang lebih berfokus pada audiens muda untuk menggaet lebih banyak pemain.

VALORANT

Dikutip dari Win.gg, pada tahun 2023 VALORANT memiliki rata-rata 24 juta pemain di setiap bulannya. Untuk game yang bisa dibilang masih baru dibandingkan kompetitornya, 24 juta pemain bulanan adalah angka yang sangat besar. Menurut activeio, sekitar 1,540,607 pemain login ke akun VALORANT tiap hari dalam kurun waktu 30 hari terakhir. Angka ini cukup konsisten sejak Mei 2023.

VALORANT memasuki genre game FPS sebagai game 5vs5 yang tidak seserius kompetitornya. Selain tembak menembak, permainan di VALORANT juga dipadukan dengan berbagai skill dengan animasi dan visual yang menarik. Selain itu, VALORANT juga menyediakan sirkuit esports yang hampir mencakup seluruh wilayah besar di dunia untuk menarik minat pemain baru.

Salah satu contoh dari kepopuleran VALORANT saat ini adalah jumlah penonton Twitch untuk genre VALORANT yang cukup tinggi. Pada bulan September 2023, terdapat sekitar 86 ribu orang yang menyaksikan streaming VALORANT secara rutin. Angka dari jumlah pemain juga diprediksikan akan terus meningkat seiring berjalannya waktu.

  

Mengapa VALORANT sangat populer?

Lewat permainan yang cepat, interaktif, dan menarik, VALORANT berhasil menarik minat para pemain khususnya dari kalangan pemain muda. Para gamer muda merasa lebih mudah untuk memahami dan menikmati game yang satu ini. Oleh karena itu, tidak aneh jika mayoritas pemain VALORANT adalah seorang Gen Z atau para pemain kelahiran tahun 1997-2012.

Selain dari sisi game, influencer dan gamer ternama juga turut andil dalam menarik minat para pemain baru. Dan, hal tersebut tidak tertutup dari kalangan muda saja contohnya Elon Musk yang juga diketahui suka bermain VALORANT atauV aktor ternama Ben Affleck yang juga cukup sering bermain VALORANT.

Jika Riot terus melanjutkan kampanye promosinya, bisa diprediksikan bahwa VALORANT mungkin bisa menjadi game FPS paling populer di dunia dalam beberapa tahun ke depan.