Riot Games Peringatkan Bahayanya Beli Cheat VALORANT

faizalkamill
13/12/2023 16:00 WIB
Riot Games Peringatkan Bahayanya Beli Cheat VALORANT
sumber: gamechampions

Pada update VALORANT Anti-Cheat Winter 2023 yang dibagikan beberapa hari lalu, anggota tim Matt "K3O" Paoletti meluangkan waktu untuk menjelaskan kembali kepada para pemain tentang resiko bahayanya jika membeli cheat VALORANT.

Seperti diketahui, jika kita kedapatan menggunakan cheat akun kita akan di-ban secara permanen. Namun selain itu terdapat resiko lain yang bisa diterima pemain salah satunya adalah cheat yang dibeli tidak bekerja.

Riot Games

Belakangan ini sedang ramai iklan cheat VALORANT yang diposting di situs-situs seperti X dan TikTok. Paoletti kemudian menjelaskan mengapa sebenarnya iklan-iklan ini adalah scam atau penipuan.

Dilansir dari postingan Riot, rekaman streaming langsung yang digunakan dalam postingan iklan penjual cheat yang menunjukkan cheat tidak terdeteksi sebenarnya adalah konten yang direkam sebelumnya dari akun yang langsung terkena ban setelahnya.

Mereka yang menjual layanan cheat ini mengambil gameplay dari akun cheat tersebut sebelum terkena ban. Video tersebut kemudian disambung ulang guna membodohi orang untuk berpikir bahwa cheatnya berhasil dan tidak terdeteksi oleh sistem anti-cheat VALORANT.

"Pelanggan yang tidak curiga akan menerima video ini bulat-bulat kemudian membeli cheat, merasa cerdik, dan kemudian terkena ban. Pengembang cheat mendapatkan penjualan mereka tanpa adanya opsi pengembalian uang," kata Paoletti

Selain itu, karena pengembang cheat menjual layanan yang ilegal, pembeli tidak bisa mengeluh jika nantinya tertipu karena tidak ada tindakan legal untuk mengusut hal tersebut. Riot Games juga tentunya tidak akan mengganti uang yang dikeluarkan pemain.

Update terbaru ini juga membahas beberapa perubahan baru yang datang ke Vanguard (program anti-cheat VALORANT) di tahun 2024. Sebuah sistem baru akan diluncurkan yang mengharuskan pemain tertentu untuk mengaktifkan lebih banyak fitur keamanan jika sistem menganggap PC mereka "bisa mudah menggunakan cheat".

Riot Games memiliki banyak cara-cara baru untuk mencegah pemain menggunakan cheat seperti “Direct Memory Access cheats” yaitu ketika pemain menggunakan PC lain untuk melewati Vanguard. Tetapi sumber ban terbesar masih datang dari pemain yang menggunakan cheat pada beberapa akun tetapi di PC yang sama.