Esports.ID

FaZe Clan Tutup 2017 dengan Kemenangan di ESC Season 4 Finals

Rendy Lim
18/12/2017 14:47 WIB
FaZe Clan Tutup 2017 dengan Kemenangan di ESC Season 4 Finals
Google Images

Menjadi penutup ajang ECS League 2017 sekaligus turnamen CS:GO terakhir di tahun 2017, FaZe Clan buktikan diri layak sebagai penghuni tim peringkat teratas di scene CS:GO global, menemani SK Gaming.

Tiga hari mendebarkan dimulai sejak babak penyisihan grup tanggal 15-16 Desember yang meloloskan Fnatic dan mousesports dari Grup A, serta Astralis bersama FaZe Clan juga puncaki Grup B. Meski sempat kalah dari Astralis di babak Group Stage, FaZe Clan masih tetap terlalu tangguh bagi kedua lawannya yang coba menghadangnya untuk melaju ke babak semifinal.

Bertemu dengan Astralis pada babak semifinal, mousesports sadar akan menghadapi pertandingan yang cukup berat, namun mereka ternyata sukses mengalahkan tim unggulan tersebut dengan skor 2-1, berkat kemenangan di map Train (12-16) dan Nuke (9-16), sedangkan satu kekalahannya di map Inferno (16-7). Beda hasil dengan Fnatic versus FaZe, yang terkesan berat sebelah dimana Clan berhasil menutupnya dengan kemenangan 2-0, di kedua map.

Pertemuan mousesports dan FaZe Clan berlangsung sengit. Map pertama Nuke berhasil dimenangkan oleh mouse pada first half 11-4 hingga mengakhirinya dengan 16-14 pada second half. Melanjutkan Inferno sebagai map kedua, saling kejar mengejar skor terjadi, mouse berhasil menutup first hal dengan 8-7, namun second half berakhir dengan skor 15-15, dimana overtime terpaksa harus dilakukan. FaZe pun menuntaskannya dengan skor akhir 22-18.

Pada map terakhir Mirage, kedua tim masih tampak saling kejar mengejar poin dengan first half yang kali ini diungguli oleh FaZe Clan dengan 8-7, namun seperti map sebelumnya skor second half berakhir imbang dan kembali jalani overtime. Pemenangnya masih tetap, yakni FaZe Clan dengan skor 19-17.

Kemenangan ini memberikan bukti bahwa FaZe Clan merupakan salah satu tim CS:GO terkuat di dunia, bersanding dengan SK Gaming yang tidak berpartisipasi. Berakhirnya ECS juga menutup rangkaian turnamen CS:GO di tahun 2017, dan pertandingan berikutnya antara kedua tim terkuat ini bakal terwujud di ajang ELEAGUE Major: Boston, Januari mendatang.