Esports.ID

Inggris Matangkan Timnas Esports di FIFA eNations Cup

MalZaHar
04/03/2019 10:38 WIB
Inggris Matangkan Timnas Esports di FIFA eNations Cup
FA Bentuk eLions, Fokus Esports Bela Nama Inggris!

Football Association (FA), salah satu asosiasi sepakbola tertua di dunia, menunjukkan keseriusan mereka untuk berkelana di scene esports. Layaknya PSSI untuk urusan sepakbola di Indonesia, FA kabarnya tengah melakukan perekrutan gamer pro FIFA 19 untuk mewakili negara Inggris di kompetisi FIFA eNations Cup, April nanti, dan kancah turnamen lain ke depannya.

Rekrutan pemain FIFA ini akan masuk dalam skuad timnas esports Inggris, yang bakal mengusung nama eLions. Dilansir dari BBC News, via Liputan6 (4/3), FA ingin mengumpulkan pemain-pemain FIFA terbaik di negaranya untuk melakukan sejumlah uji coba dan menyusutkannya jadi 19 pemain.

Pemain-pemain ini akan menjalani 'proses audisi' secara online, yang akan berlangsung tanggal 9 & 10 Maret. Kemudian, partai laga puncaknya (Grand Finals) berlangsung offline di kota London, 14 Maret 2019.


Timnas Inggris di Piala Dunia 2018, Versi Esports-nya?

"FIFA 19 dimainkan oleh ratusan juta pemain setiap harinya," jelas Mark Bullingham, selaku Chief Commercial di FA. "Dan banyak di antara mereka yang memilih timnas Inggris pria maupun wanita, sehingga kami memiliki peluang besar."

Mark, yang juga menangani secara khusus terkait perkembangan sepakbola global di FA menambahkan bahwa ide perekrutan pemain untuk mengisi skuad timnas eLions, sebagai 'New Chapter', atau langkah baru!

"FA bangga menjadi organisasi modern dan inovatif yang berupaya melibatkan serta menginspirasi semua generasi pecinta sepakbola," tandasnya lagi. Terutama dengan telah bergulirnya kompetisi reguler bagi para pemain pro FIFA di Inggris, via gelaran ePremier League.


Lahan potensial timnas esports di Inggris

Para pemain pro FIFA, baik di konsol PS4 maupun Xbox One, yang tertarik untuk mengikuti seleksi timnas esports pertama di Inggris ini (eLions) harus sudah berusia di atas 16 tahun, serta siap jalani kualifikasi online sesuai jadwal dan peraturan.

Jajal FIFA eNations Cup, Saatnya Inggris Juara Dunia?

Seperti di pemberitaan sebelumnya, FIFA bekerjasama dengan EA Sports akhirnya mencanangkan eNations Cup, turnamen resmi yang bakal menjadi rangkaian event Global Series Playoff, menuju kompetisi kasta tertingginya, FIFA eWorld Cup 2019!

Turnamen ini akan mempertemukan wakil-wakil terbaik (timnas esports) dari tiap negara, yang tergabung dalam organisasi FIFA, untuk memperebutkan slot kejuaraan dunia FIFA 19. Sebanyak 16 timnas esports (beranggotakan dua pemain) bakal mewakili bangsa dan negara mereka pada tanggal 13 - 14 April 2019.

Karena masih bersifat ujicoba (exhibition event), maka peserta turnamen FIFA eNations Cup adalah deretan timnas undangan dari sejumlah konfederasi di bawah naungan FIFA, mencakup CONCACAF, CONMEBOL, CAF, OFC, AFC, dan UEFA.

Setiap negara di masing-masing konfederasi akan diberi kebebasan untuk menggelar kualifikasi (eFootball Championship) guna menentukan timnas perwakilan mereka, atau dua pemain terbaik di kawasan tersebut.

FIFA eNations Cup ini menggenapi delapan turnamen Major dalam rangkaian event EA Sports FIFA 19 Global Series, yang bakal menawarkan total 1.500 Global Series points, serta hadiah uang.

Sebagai timnas esports pertama di Inggris, apakah eLions bakal memiliki peluang lebih besar bagi skuad Three Lions untuk menjuarai sebuah turnamen sepakbola secara global, sekalipun hanya 'digital'?