Esports.ID

Fortnite Mobile Untung 100 Juta Dolar dalam 3 Bulan, PUBG Mobile?

Billy
24/06/2018 20:26 WIB
Fortnite Mobile Untung 100 Juta Dolar dalam 3 Bulan, PUBG Mobile?
dotesports, gamesindustry

Salah satu titel Battle Royale favorit dunia, Fortnite telah merambah ke jajaran mobile games sejak Maret 2018. Meski baru luncurkan akses ke pemain via undangan, nyatanya game besutan Epic Games tersebut mampu bukukan pendapatan mencapai 25 juta Dolar AS dalam waktu 30 hari.

Kini, tiga bulan berselang, atau merinci hingga 90 hari, Fortnite mobile mampu lampaui PUBG Mobile menyoal keuntungan in-app purchase mencapai 100 juta Dolar AS meski hanya baru dirilis untuk iOS. Kamu bisa membeli Skin atau Starter Pack unik untuk memberi identifikasi khusus kepada karaktermu.

Perlu diketahui, PUBG Mobile hanya mencapai keuntungan 5,2 juta Dolar AS dalam waktu monetisasi 60 hari. Hingga saat ini, PUBG Mobile belum menyentuh milestone pendapatan 100 juta Dolar AS meski telah dirilis mendekati 90 hari. Bisa jadi isu tentang fitur Battle Pass milik Fortnite yang ditiru PUBG Mobile dengan merilis "Battle Pass System" adalah langkah untuk menggencarkan pendapatan PUBG Mobile.

Popularitas Fortnite di kalangan gamer dunia sudah makin merebak bukan hanya bagi pengguna iOS tapi fitur dari Fortnite yang mendukung cross-platform. Di bulan Mei 2018, pendapatan game ini mencapai 296 juta Dolar AS, melampaui keuntungan di bulan April yang menembus angka 73 juta Dolar AS.

Fortnite Mobile hanya kalah dari Honors of Kings dari Tencent, atau di Indonesia lebih dikenal dengan Arena of Valor. Dengan keuntungan besar yang didapat meski hanya melakukan rilis di Cina, Honors of Kings mampu rajai pendapatan mobile games, apalagi setelah merambah penjualan globalnya. Sedangkan Fortnite mobile belum melakukan penjualan ke region tersebut, meski bersaing ketat dengan PUBG Mobile, nyatanya Tencent menjadi pemegang kuasa untuk melakukan distribusi Fortnite Mobile di wilayah Cina dengan menyiapkan investasi untuk promosi hingga 15 juta Dolar AS.

Bagaimana sobat eSports? Adakah kamu sudah menjadi pemain Fortnite?