Esports.ID

'Hype' Fortnite di Twitch Menurun, Efek Kepergian Ninja dan Tfue Vakum?

Rendy Lim
18/09/2019 16:04 WIB
'Hype' Fortnite di Twitch Menurun, Efek Kepergian Ninja dan Tfue Vakum?
Saat ini jumlah penonton Fornite di platform Twitch sedang mengalami penurunan yang cukup drastis

Fortnite berhasil menjadi gim yang paling populer di Twitch sejak dirilisnya battle royale ini pada tahun 2017 silam. Sayangnya, sejak mencapai rekor 100.000 concurrent viewers pada Februari 2018, gim ini belum mampu mencetak rekor baru, meski bertahan di posisi teratas dalam segi jumlah penonton. 

Ditambah dengan kepergian Ninja ke Mixer serta Tfue yang memutuskan untuk vakum sementara waktu dari streaming membuat statistik Fortnite di Twitch menurun drastis. Saat ini, Fortnite cukup sulit untuk melewati jumlah 90.000 concurrent viewers, dan angka tersebut tidak berhenti menurun seiring waktu. 

Ninja 'Tinggalkan' Twitch dan berpindah ke Mixer

Bahkan, laporan dari The Gamer menyebutkan angka ini menunjukkan fase terendah Fortnite dalam 18 bulan terakhir. Sejak bulan Juli 2019, penonton Fortnite di Twitch menurun rata-rata 9% setiap bulannya dengan angka tertinggi mencapai 22.5% yang terjadi pada bulan ini. 

Sayangnya tidak hanya penonton, jumlah channel yang melakukan streaming Fortnite juga menurun dari 10.000 di awal tahun ini, menyisakan sekitar 4800 channel. Fortnite juga disalahkan atas kejadian ini, salah satunya diduga akibat perilisan mode B.R.U.T.E, memisahkan mereka yang memiliki tujuan untuk bermain gim ini sebagai hiburan dengan kompetisi / esports. 

Faktor lainnya yang juga berpengaruh besar adalah kehadiran gim baru World of Warcraft Classic yang berhasil membuat streamer-streamer terkenal memainkan gim tersebut sepanjang live streaming mereka. Selain itu, Dota2 The International dan StarLadder Berlin Major yang baru saja berkahir juga cukup berpengaruh pada penonton gim ini sejak berakhirnya Fornite World Cup

Kyle ‘Bugha’ Giersdorf, Juara Fortnite World Cup ini mulai naik daun sebagai professional streamer di Twitch

Namun, kepergian Ninja dari Twitch ataupun kabar vakumnya Tfue tidak terlalu buruk jika kita memandang lebih jauh. Hal ini memberikan kesempatan bagi para streamer baru, seperti sang juara Fortnite World Cup, Bugha untuk mengembangkan karir live streamingnya. 

Terlihat peningkatan drastis dalam channelnya sejak dirinya memutuskan untuk aktif melakukan live streaming setiap hari. Bugha saat ini memiliki rata-rata 20.000 penonton, serta hampir mencapai 1 juta pengikut di akun Twitch miliknya. 

Bagaimana Sobat Esports, kira-kira apakah Fortnite bisa mengembalikan jumlah penontonnya di Twitch? Ataukah posisinya akan digeser oleh gim-gim baru lainnya?