Esports.ID

Segera Digelar, Free Fire Champions Cup 2020 Bagikan Hadiah 8,18 Miliar!

Basitullah
10/02/2020 18:53 WIB
Segera Digelar, Free Fire Champions Cup 2020 Bagikan Hadiah 8,18 Miliar!

Melihat perkembangan esports yang makin signifikan dari waktu ke waktu, buat Garena Indonesia dapatkan kesempatan untuk menggelar kompetisi esports kelas dunia dari game Free Fire. Dalam waktu dekat, Free Fire Champions Cup 2020 akan jadi ajang bergengsi yang disajikan secara layak untuk dipertontonkan bagi Survivors di seluruh dunia.

Free Fire Champions Cup 2020 akan diikuti sebanyak 12 tim esports dari empat benua, seperti Asia, Amerika, Eropa dan Afrika. Hadiah yang dibagikan pada kompetisi ini tentu sangat besar, Garena menginformasikan bahwa 8,18 miliar rupiah ditentukan sebagai prize pool yang akan diperebutkan pada kompetisi ini. Sebagai kompetisi kasta tertinggi di Free Fire Indonesia setelah FFML dan FFIM, tentu ini akan jadi kesempatan unjuk gigi paling berkelas bagi para atlet dalam menunjukkan kemampuannya.

"Terpilihnya Indonesia sebagai penyelenggara kejuaraan Free Fire Champions Cup menunjukkan bahwa ekosistem esports Tanah Air terus terbangun. Mulai dari komunitas hingga industri esports mampu memberi dampak positif terhadap ekonomi digital. Kami terus berupaya menjadi bagian dalam perkembangan esports di Indonesia yang sejalan dengan visi dan misi pemerintah," ungkap Hans Kurniadi Saleh selaku Direktur Garena Indonesia.

"Pada dasarnya turnamen ini diselenggarakan sebagai ajang untuk menunjukkan bahwa sebenarnya atlet-atlet kita juga bisa bertarung di arena internasional dan juga membawa kembali prestasi yang tentunya membanggakan buat negara Indonesia kita," Hans menambahkan.

Sebagai kompetisi esports yang tarafnya sudah di level internasional, tentu keterlibatan pemerintah jadi sebuah dukungan yang begitu berarti mengingat nama Indonesia akan di bawa pada gelaran ini. Oleh sebab itu, tampak hadir Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Wishnutama Kusubandio dan juga Sekertaris Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Gatot S. Dewa Broto di Aula Konferensi Pers GBK untuk Free Fire Champions Cup 2020 dalam rangka mengawal berlangsungnya acara ini.

"Kita berharap event ini akan memperkaya dan menambah makin banyaknya event-event dengan ruang lingkup dunia di Indonesia. Karena untuk road to Olympic 2032 harus memperbanyak event-event seperti ini, untuk itu kami berterima kasih pada pihak penyelenggara Free Fire Champions Cup yang sudah menyelenggarakan acara ini semoga berjalan dengan sukses," ungkap Gatot S. Dewa Broto di konferensi pers Free Fire Champions Cup 2020.

Masih di lokasi yang sama, Wishunatama Kusubandio pun mengatakan, "Bersyukur saya bahwa, Free Fire Champions Cup 2020 ini bisa terselenggara di Indonesia. Ini tentunya menjadi concern Kemenparekraf dari sisi Ekonomi Kreatif, sedangkan dari sisi Pariwisata ini merupakan salah satu bagian dari tugas kami juga untuk mengembangkan event-event berkelas internasional. Tentunya Free Fire Champions Cup ini merupakan salah satu daya tarik, sehingga masyarakat atau penggemar esports dari seluruh dunia bisa datang atau awalnya mungkin melihat terlebih dahulu."

"Salah satu pesan kami adalah bagaimana saat acara ini disiarkan juga menonjolkan daya tarik Indonesia, karena itu akhirnya menciptakan ketertarikan orang lain untuk ke Indonesia. Selain itu, penyelenggaraan acaranya juga jangan sama kalau bisa lebih baik dari penyelenggaraan sebelumnya, karena penonton otomatis akan membanding-bandingkan. Saya juga harapkan ke depannya nanti kita terus bisa mengadakan kompetisi-kompetisi Garena yang levelnya lebih besar lagi di Indonesia," Wishnutama menambahkan.

Walaupun melibatkan Kemenparekraf, bukan berarti kompetisi ini akan menyuguhkan sesuatu yang bersifat keelokan alam Indonesia, karena Wishnutama pun menegaskan bahwa yang ditonjolkan adalah packaging acaranya. Beliau memberikan contoh layaknya Coachella dan Tomorrowland, walaupun diadakan di pantai dan padang rumput, namun mampu jadi daya tarik karena konsep dari acaranya, bukan alamnya.

Begitu pula dengan kompetisi esports, yang mana Free Fire Champions Cup membutuhkan sebuah lokasi yang infrastrukturnya sudah mumpuni, untuk itu Jakarta menjadi jawaban tepatnya. Dalam hal ini, Garena Indonesia lah yang memiliki PR untuk menyajikan Free Fire Champions Cup 2020 sebagai daya tarik bagi semua agar membawa dampak positif bagi esports sendiri.

Terakhir, meskipun sudah ditentukan di Jakarta, namun Hans Saleh belum memberitahukan dimana lokasi tepatnya penyelenggaraan Free Fire Champions Cup 2020. Hanya saja, Senayan disebutkan jadi tempat yang paling mumpuni untuk saat ini, meskipun masih dalam proses penentuan bagi pihak internal Garena Indonesia.

Bakal jadi seperti apa ya Free Fire Champions Cup 2020?