Esports.ID

Injustice 2 Pro Series Kembali Diumumkan, Era Kebangkitan FGC

Rendy Lim
11/04/2018 11:20 WIB
Injustice 2 Pro Series Kembali Diumumkan, Era Kebangkitan FGC
Injustice 2

Developer dari Injustice 2, NetherRealm Studios (NRS) baru saja mengumumkan season 2 untuk turnamen Injustice 2 Pro Series. Layaknya pro circuit lainnya, pemain dari seluruh dunia akan berkompetisi dalam berbagai turnamen major untuk mengumpulkan ranking points. Nantinya, 12 player yang berhasil mendapatkan points tertinggi, tiga pemenang regional event dan satu pemenang last chance qualifier akan bertanding di Grand Final Event.

Total prize pool yang tersedia untuk Injustice 2 Pro Series adalah USD150.000, serta USD50.000 untuk turnamen qualifier. Tahun ini, liga Injustice 2 diadakan oleh SIMPLE Mobile dan Samsung, berbeda dengan tahun lalu yang bekerjasama dengan TBS’s eSports ELEAGUE.

Kemudian, bagaimana ini bisa menjadi pertanda bangkitnya Fighting Game Championship (FGC)?

Diumumkannya Injustice 2 Pro Series menjadikan turnamen ini liga ketiga untuk FGC tahun ini. Menyusul Capcom Pro Tour untuk Street Fighter dan Tekken World Tour, ketiga liga ini merupakan turnamen yang diadakan sendiri oleh developernya. Jika digabungkan, total prize pool yang disediakan dalam ketiga liga ini mencapai USD775.000, terbesar dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Keberadaan FGC sebenarnya sudah sangat lama dan menjadi bagian niche di industri eSports. Perkembangannya beberapa tahun belakangan ini menggabungkan sisi profesionalisme dan marketability dalam FGC. Eksistensi turnamen profesional membantu mengundang datangnya sponsor untuk mendukung jalannya acara serta memberikan kesempatan mereka untuk menjadi partner jangka panjang.

Sebelum adanya turnamen liga seperti ini, perusahaan yang ingin memberikan sponsor kepada pemain FGC harus membuat turnamennya sendiri, menjadikan setiap perusahaan memiliki turnamanennya sendiri. Namun saat ini dengan adanya komitmen dari developer untuk mengadakan liga setiap tahunnya, perusahaan sponsor dapat melakukan kerjasama jangka panjang dengan developer.

Perkembangan ini tentu menjadi titik terang bagi Industri eSports, khususnya FGC. Adanya turnamen yang teratur membuat FGC terlihat lebih stabil dan mengundang regenerasi pemain serta membangun fanbase.

Bagaimana sobat eSports, apakah kamu salah satu fans FGC?