Smartfren

League of Legends Patch 7.22 Tawarkan Banyak Perubahan Mendasar

Rendy Lim
10/11/2017 11:39 WIB
League of Legends Patch 7.22 Tawarkan Banyak Perubahan Mendasar
League of Legends

Pre-season League of Legends telah tiba. Perubahan terbesar tahun ini sudah dibicarakan sejak 6 bulan yang lalu dan akan membuat semua player LoL, baik yang sudah veteran dan masih baru bisa sama-sama belajar.

Perubahan tersebut dimulai dari sistem runes dan mastery yang baru, lebih dari 100 champions mengalami penyesuaian, in game currency, tidak adanya lagi batas untuk level cap, dan IP yang akan di-convert ke Blue Essence.

1. Runes Reforged

Jika sebelumnya Rune dan Mastery adalah 2 hal yang terpisah, saat ini kedua sistem tersebut digabung menjadi Runes Reforged. Ada 5 Runes Reforged yang dapat digunakan dalam patch terbaru ini.

- Precision fokus pada improved attacks dan sustained damage
- Domination memberikan burst damage dan target access
- Sorcery memberikan tambahan magic damage, pemanfaatan resource dan penggunaan spell
- Resolve yang fokus kepada durability dan crowd control, serta cocok bagi champion tank 
-Inspiration memberikan cooldown  skill, spell, dan item akan memberikan kreativitas summoners dalam merancang championnya. 

2. Ratusan Penyesuaian Champion

Perubahan pada hilangnya Rune dan Mastery yang digantikan dengan Runes Reforged memberikan dampak cukup signifikan kepada Champion, terutama pada early game. Sistem rune yang lama memberikan champion base stats yang cukup tinggi dan sangat berpengaruh dalam early game seperti untuk melakukan last hit dan jungling.

Biar tetap menjaga insting dari player untuk tetap merasakan permainan yang sama pada early game, adjusting dilakukan langsung pada base stats champion. Penyesuaian dilakukan dengan penambahan Health, Armor, atau Attack damage. Selain penyesuain tersebut, akan ada status baru yang diperkenalkan dalam patch terbaru ini yaitu: bonus attack speed pada level 1. 

3. In Game Currency dan Experience

Dalam patch terbaru, ketika support champion yang levelnya di bawah rata-rata level team kemudian melakukan kill atau assist, champion tersebut tidak lagi mendapatkan bonus experience. Dahulu, ada team-catchup experience agar support champion dapat mengejar level, namun saat ini impact yang diakibatkan dapat membuat snowball yang membuat game kurang balance.

Perubahan experience juga ada saat kamu membunuh monster jungle. Bila sebelumnya comeback experience '30 XP per level behind on any monster' sekarang menjadi '50 XP per level behind only on Larger or Epic Monsters'. First clear experience reduction tidak ada lagi dalam Wolf Camp atau Small Razorbeaks dan dengan hal ini kamu bisa mencapai level 2 dengan Wolf Camp. Gromp first kill experience reduction dari 25%  -> 50%, Red Brambleback 200 XP -> 180 XP, Blue Sentinel 200 XP -> 180 XP.

Perubahan pada basic attack juga terjadi jika champion melakukan hit kepada lane minions. Penambahan 5 bonus damage akan diberikan. Game start time juga dikurangi 10 detik menjadi 1 menit 10 detik, dan kompensasinya adalah Homestart effect ketika game dimulai akan lebih kuat efeknya.

4. Level Cap > Unlimited

Sebelumnya, player hanya bisa mencapai limit di level 30 dan hal ini sudah diterapkan sejak pertama kali League of Legends muncul 8 tahun yang lalu. Sekarang setiap kalian naik level, kalian tidak lagi mendapatkan IP, melainkan capsule yang berisi champion shards, blue essence, gemstones, dan emotes. Jika kalian mencapai level tertentu seperti 50, 75, dan 100, maka kamu akan mendapatkan item lebih langka. Dan kabar baiknya, sekarang level player tidak ada batasnya.

5. IP Digantikan dengan Blue Essence

Menyesuaikan dengan leveling cap dan loot system baru, IP yang sebelumnya didapatkan oleh player sebelum patch akan di-convert menjadi blue essence. Sekarang untuk membeli champion, currency yang digunakan adalah blue essence. Semua item yang ada di store saat ini dan dulu bisa kamu beli dengan IP akan dijual dengan harga sama via blue essence. Dan kamu yang membeli runes atau pages, kompensasi akan diberikan dengan convert menjadi blue essense.

Selain perubahan tersebut, akan ada skin baru yang dirilis pada patch kali ini, yakni Mecha Ranger, Lancer Rogue Blitzcrank, Lancer Paragon Blitzcrank, Victorious Graves (Gold + Rank Reward).

Selamat menikmati patch terbaru 7.22 League of Legends, bagi yang ingin mempelajari lebih dalam tentang patch kali ini, bisa mendapatkannya via link berikut.