Esports.ID

Lima Pemain Kuda Hitam di LoL Worlds, Siapa Saja Mereka?

Rendy Lim
28/09/2018 10:35 WIB
Lima Pemain Kuda Hitam di LoL Worlds, Siapa Saja Mereka?
LoL World Championship 2018

Babak pertama untuk League of Legends World Championship 2018 segera dimulai. Sorotan mata para fans akan tertuju pada tim serta pemain favorit mereka, namun tak banyak mengetahui ada pemain dengan bakat terpendam yang mungkin dapat mengejutkan panggung Worlds di tahun ini. 

Setiap tahunnya, kita menyaksikan perkembangan player-player baru yang sangat pesat hingga dapat membawa mereka jajal panggung Worlds untuk pertama kalinya. Tidak seperti performa 'pemain unggulan' Worlds, maka para pemain berstatus kuda hitam ini memiliki momen untuk membuktikan bahwa mereka tidak pantas dipandang sebelah mata. 

Tahun lalu, kita melihat aksi memukau dari GIGABYTE Marines jungler Đỗ “Levi” Duy Khánh yang berhasil memukau para penonton dengan permainan Nocture-nya. Tahun ini, kira-kira siapa yang mampu keluar dari bayangan untuk mengejutkan para pemain di Worlds?

Yuk, simak lima pemain kuda hitam yang dipilih oleh dot.esports berikut ini: 

  • Cloud9 Top Laner, Eric 'Licorice' Ritchie

Banyak dari fans NA LCS cukup pesimis dengan tim-tim dari region ini yang diprediksi bahkan tidak mampu untuk lolos dari babak group stage. 

Tetapi dari sejarah berlangsungnya Worlds, ada satu tim North America yang secara konsisten menunjukkan performa cukup bagus, yakni Cloud9. Gaya permainan yang difokuskan ke top lane berhasil memberikan mereka kesuksesan di grup stage tahun lalu, dan kali ini, Licorice akan menjadi menggendong tim ini. 

Perjalanan C9 untuk lolos ke quartefinals tidaklah mudah, mereka harus melewati babak play-in stage. Apalagi grup neraka sudah menunggu mereke di fase berikutnya dengan RNG, Gen.G, dan Vitality yang sudah terlebih dahulu menanti mereka. 

Ini akan cukup sulit, dan satu-satunya jalan keluar adalah menunjukkan permainan yang belum pernah mereka perlihatkan sebelumnya. Tekanan bagi Licorice untuk menggendong timnya sepertinya akan semakin berat jika Cloud9 berhasil melaju ke group stage. 

  • EDward Gaming Bot Laner, Hu 'iBoy' Xian-zhao

Para fans Cina tampaknya tidak lagi menaruh harapan mereka di EDG. Kekecewaan pada performa mereka di setiap Worlds, serta statusnya sebagai third seed, maka wajar ekspektasi terhadap tim ini tidak terlalu tinggi. 

Tapi bisa saja itu yang mereka butuhkan saat ini. Ketika semua mata tertuju ke RNG yang punya kesempatan untuk melakukan hal yang tidak mungkin, yakni menang pada semua turnamen besar LoL sepanjang tahun ini, atau lebih condong ke second seed Cina, Invictus Gaming yang juga cukup menakutkan. 

Semua mata akan beralih ke pemain RNG dan IG, RNG Jian 'Uzi' Zi-Hao adalah pemain terbaik di dunia saat ini, serta bot laner IG, Yu 'JackeyLove' Wen-Bo merupakan pemain muda berbakat. Hal ini akan meninggalkan iBoy terpendam dan tidak terlacak oleh mereka yang menyaksikan pemain Cina di Worlds

Namun, anak ini tidak boleh dipandang remeh. EDG mempertaruhkan masa depan mereka ke anak muda ini karena alasan yang jelas, dia benar-benar bagus. Jika EDG mampu bangkit ke semifinals, kamu akan melihat iBoy yang menjadi sorotannya, menggendong timnya menuju puncak. 

  • Afreeca Freecs Jungler, Lee 'Spirit' Da-yoon

Spirit berhasil mendapatkan tahun terbaiknya, meski belum menjadi full-time jungler untuk Afreeca dan harus berbagi posisi dengan Lee 'Mowgli' Jae-ha, dirinya masih bisa memberikan performa yang cukup baik. 

Sejak karirnya bermain professional, champion pool untuk Spirit tidak terlihat sebagaimana dia memainkan game tersebut. Tetapi tahun ini dia berhasil memberikan perubahan. Meski Afreeca masih termasuk tim yang lamban, mereka bisa menguasai permainan jika Spirit bermain lebih aktif saat early role. Afreeca bisa berikan teamfight bagus dengan Spirit yang mulai menyukai tank junglers. 

Spirit masih dalam perjalanan untuk menjadi salah satu jungler terbaik, sayang kurangknya konsistensi telah menghalangi dirinya untuk maju. Spirit perlu lebih berani maju di pertandingan Worlds jika Afreeca ingin menerobos hingga puncak. 

  • Gen.G Jungler, Kang 'Haru' Min-seung

Jungler kembali beraksi, mungkin cukup aneh jika mengaitkan role jungler dengan mempertahankan gelar world champions untuk Gen.G. Tetapi bagi kamu yang tidak secara detil mengikuti LCK pasti akan merasa Kang “Ambition” Chan-yong berperan besar di Gen.G. Karena memang dia lah bintang di MV Worlds tahun ini. 

Tapi, sebenarnya masih sama vitalnya dengan peran Haru. Dia adalah jungler Gen.G yang berhasil membawa timnya hingga saat ini, dan dia pula yang berperan besar dalam pertarungan sengit melawan KINGZONE dan bawa Gen.G untuk tampil kembali di Worlds. Haru membuat Gen.G untuk bermain agresif di mid-game, berbeda jauh dengan tim yang biasanya mencoba untuk bermain lamban. 

  • Invictus Gaming Top Laner, Kang 'TheShy' Seung-lok

TheShy tidak terlalu bersinar jika dibanding dengan pemain IG lainnya seperti mid laner Song “Rookie” Eui-jin dan bot laner JackeyLove. Namun, secara dian-diam, dia telah mengguncang timnya dengan performanya tahun ini, salah satunya adalah saat mengalahkan Lee “Duke” Ho-jong, yang sebelumnya adalah mantan juara dunia saat bersama SKT serta MVP di LCK

Keberadaan TheShy dalam roster IG juga membantu untuk membuka potensi terbaik dari Rookie dan JackeyLove sehingga mereka bisa melakukan banyak varian strategi. TheShy tidak akan bisa bersembunyi di balik in-game name-nya jika dirinya menunjukkan performa menakjubkan saat Worlds. Bisa saja dia adalah kuda hitam paling bersinar di Worlds nanti. 

Babak Play-in Stage akan berlangsung pada 7 Oktober 2018, untuk menentukan tim yang bisa ikut bermain di group stage. Siapa nih tim favorit dari sobat eSports?